Home > Berita > Umum

Pekanbaru Upayakan dalam Tiga Pekan Status PPKM Sudah Level 1

Pekanbaru Upayakan dalam Tiga Pekan Status PPKM Sudah Level 1
Minggu, 07 November 2021 17:08 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kota Pekanbaru berupaya selama tiga pekan ini agar status PPKM Level 2 turun menjadi PPKM Level 1. Mereka sudah berusaha mencapai satu persatu indikator dari PPKM Level 1 .

Satu indikator PPKM Level 1 yakni capaian vaksinasi secara umum untuk dosis 1 harus mencapai lebih dari 70 persen. Sedangkan capaian vaksinasi dosis pertama di Kota Pekanbaru sudah 78 persen dari total 845.274 orang wajib vaksin. Indikator lainnya untuk penelusuran pasien kontak erat sudah optimal seiring penurunan kasus Covid-19. Mereka sudah bisa menelusuri 15 kontak erat dari satu pasien positif Covid-19 .

Tim di lapangan sudah melakukan penelusuran secara optimal beberapa hari ini.Satu persatu indikator PPKM Level 1 bakal tercapai setelah PPKM Level 2 tahap III berakhir, Senin (8/11/2021).

"Untuk masuk PPKM Level 1 kita berusaha, kita optimis. Kita berusaha menggesa vaksinasi bagi Lansia agar kita beranjak dari level 2 ke level 1," papar Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Muhammad Jamil kepada Tribunpekanbaru.com, Minggu (7/11/2021),melansir Tribunnews.com.

Menurutnya, tim sudah berupaya menggesa vaksinasi lansia agar Kota Pekanbaru tidak naik ke PPKM Level 3 . Ia sudah mengingatkan camat, dinas kesehatan dan kepala Puskesmas agar menggesa Vaksinasi Covid-19 bagi Lansia.

Pemerintah kota bersama Satgas harus menggesa vaksinasi lansia agar bisa memenuhi indikator PPKM Level 1. Apalagi untuk mencapai PPKM Level 1 capaian vaksinasi lansia sebanyak 60 persen.

Capaian vaksinasi Lansia saat ini di Kota Pekanbaru berkisar 40 persen dari 70.384 orang total lansia. Dirinya pun mendorong dinas dan Puskesmas bisa menggesa percepatan vaksin bagi Lansia. Pemerintah kota masih menanti instruksi dari Satgas nasional terkait kelanjutan PPKM Level 2 tahap III yang sudah berlangsung selama tiga pekan. PPKM Level 2 bakal berakhir Senin besok.

Mereka juga menanti Instruksi Mendagri terkait kelanjutan PPKM di Kota Pekanbaru. Proses evaluasi awal sudah dilakukan Tim Satgas Covid-19 Kota Pekanbaru terkait PPKM level 2 tahap III. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum, Pekanbaru
wwwwww