Home > Berita > Umum

Belasan Macan Kumbang Berkeliaran di Pulau Nusakambangan

Belasan Macan Kumbang Berkeliaran di Pulau Nusakambangan
Minggu, 07 November 2021 10:19 WIB

CILACAP, POTRETNEWS.com — Belasan ekor macan kumbang (Panthera pardus melas) saat ini hidup di Pulau Nusakambangan, Jawa Tengah. Kepala Resor Konservasi Wilayah Cilacap, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Jawa Tengah, Dedi Rusyanto, telah memastikan informasi ini.

"Secara keseluruhan yang terpantau berdasarkan hasil pemantauan sekitar 18 ekor, namun perlu dipantau kembali secara keseluruhan titik dengan motode dan strategi sesuai standar inventarisasi pemantauan jenis satwa liar," katanya di Cilacap, pada Rabu lalu, 3 November 2021, melansir Tempo.co.

Khusus untuk wilayah Cagar Alam Nusakambangan bagian timur, kata dia, berdasarkan pantauan yang dilakukan BKSDA melalui camera trap diketahui ada empat ekor. Lainnya tersebar di seluruh wilayah konservasi Nusakambangan.

Menurut Dedi, wilayah Cagar Alam Nusakambangan bagian timur merupakan koridor pergerakan kehidupan macan tersebut. Menurut Dedi pula, macan tutul di Nusakambangan memiliki insting tidak menyerang manusia. “Sebabnya, ketersediaan makanan di dalam masih terbilang cukup seperti celeng, kancil, kijang, dan sejumlah hewan lainnya," katanya.

BKSDA Jawa Tengah, Dedi menambahkan, berupaya bersama pihak lainnya menjaga keberlangsungan ekosistem Nusakambangan melalui kegiatan patroli maupun penanaman pohon. Sosialisasi juga diaku rutin dilakukan kepada masyarakat agar tidak mengganggu atau berburu satwa liar yang dilindungi.Dasarnya adalah Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.

"UU ini mengatur ancaman pidana penjara lima tahun dan denda Rp 500 juta bagi pelanggarnya."

Disinggung mengenai rekaman video di media sosial yang menyebutkan seekor macan tutul Jawa di Nusakambangan terekam video amatir warga, Dedi belum bisa memastikan jika lokasinya benar di Nusakambangan.

Dalam video berdurasi 30 detik yang beredar di media sosial itu terlihat seekor macan tutul berjalan santai saat diabadikan melalui kamera warga dari atas sebuah mobil dengan jarak dekat. Disebutkan jika lokasinya di Pulau Nusakambangan. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum
wwwwww