Warga Sedang Tidur, Banjir Datang dan Rendam Ratusan Rumah di Dumai Riau

Warga Sedang Tidur, Banjir Datang dan Rendam Ratusan Rumah di Dumai Riau
Sabtu, 30 Oktober 2021 11:37 WIB

DUMAI, POTRETNEWS.com — Banjir parah dialami warga di Kelurahan Bukit Datuk dan Kelurahan Bumi Ayu, Kecamatan Dumai Selatan, Kota Dumai, Riau. Menurut pengakuan warga, banjir tiba-tiba datang pada Kamis (28/10/2021) dini hari, saat mereka masih tidur.

"Saya terbangun tidur karena kasur sudah basah. Ternyata banjir yang datang tengah malam itu," cerita Doni Albar (41) warga Kelurahan Bumi Ayu saat diwawancarai Kompas.com, Sabtu (30/10/2021), melansir Kompas.com.

Doni bersama istrinya tak sempat lagi menyelamatkan pakaian dan barang rumah tangga lainnya. Seluruh barangnya sudah terendam air saat Doni mengevakuasi anak-anaknya ke rumah saudaranya yang berada di lokasi aman dari banjir.

"Pakaian sudah habis basah semua. Tadi sudah saya evakuasi dan dibawa ke laundry dengan bantuan petugas BPBD Dumai menggunakan perahu karet," sebut Doni yang juga Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Bumi Ayu.

Menurut dia, banjir yang datang tiba-tiba ini merupakan air kiriman dari hulu sungai. Selain itu, ditambah hujan tiga hari berturut mengguyur Kota Dumai. Ketinggian banjir di permukiman warga saat ini 50 sentimeter hingga satu meter. Kata Doni, sudah banyak warga yang mengungsi.

"Warga yang mengungsi ada sekitar 50 KK (kepala keluarga). Ada yang ke rumah saudaranya, dan ada juga ke posko pengungsian yang disediakan pemerintah," sebut Doni.

Sementara itu, Sekretaris Lurah Bumi Ayu Romi Deswana mengatakan, jumlah warganya yang terdampak banjir sekitar 308 KK. Banjir yang terparah ada di lingkungan RT 01 sebanyak 250 KK, RT 02 sebanyak 50 KK, sedangkan di RT 3 sekitar 8 KK, melansir Kompas.com.

"Untuk warga yang mengungsi ada sekitar 70 KK. Rumah mereka tak bisa lagi ditempati karena banjir parah. Banyak juga kendaraan sepeda motor dan mobil ikut terendam banjir," kata Romi. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Peristiwa, Dumai
wwwwww