Home > Berita > Umum

SDN 140 di Kawasan Bambukuning Pekanbaru Kebanjiran; Siswa dan Guru Tetap Masuk Sekolah, Ada yang Digendong dan Ada yang Panjat Pagar

SDN 140 di Kawasan Bambukuning Pekanbaru Kebanjiran; Siswa dan Guru Tetap Masuk Sekolah, Ada yang Digendong dan Ada yang Panjat Pagar
Senin, 25 Oktober 2021 17:03 WIB

PEKANBBARU, POTRETNEWS.com — Sekolah Dasar Negeri (SDN) 140 Pekanbaru yang terletak di Jalan Karya Bersama RT 03 RW 09 Kelurahan Bambu Kuning, Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru, Riau, dilanda banjir, Senin (25/10/2021).

Banjir yang menggenangi sekolah dan belasan rumah warga, ini terjadi akibat hujan deras dini hari dan ditambah luapan Sungai Siak.

Sunarti, seorang guru kelas IV SDN 140 Pekanbaru mengatakan, aktivitas belajar tatap muka terbatas terpaksa diliburkan.

"Kondisi banjir ini kan berbahaya bagi murid, sehingga diliburkan. Kita umumkan lewat grup WA (WhatsApp)," kata Sunarti saat diwawancarai Kompas.com di sekolahnya, Senin.

Siswa kelas V harus masuk, demi gladi bersih ANBK

Seorang siswa SDN 140 Pekanbaru menerjang banjir menuju sekolahnya untuk mengikuti gladibersih ANBK, di Jalan Karya Bersama, Kelurahan Bambu Kuning, Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru, Riau, Senin (25/10/2021), melansir Kompas.com.

Kecuali siswa kelas V tetap masuk karena harus mengikuti gladibersih assessment nasional berbasis komputer (ANBK).

"Mereka kan wajib ikut ANBK ini, jadi sekarang gladibersih dulu. Satu hari 10 orang siswa, dibagi dua sesi. Beruntung, masih ada tiga ruangan yang tak dimasuki air, jadi di situ anak-anak bisa ikuti ANKB," sebut Sunarti.

Ketinggian banjir hingga 80 cm

Ia mengatakan, tadi pagi siswa dan guru tak bisa lewat dari gerbang depan sekolah. Karena, ketinggian banjir mencapai 80 sentimeter.Sehingga, guru dan sebagian siswa terpaksa lewat samping dengan memanjat tembok pagar setinggi satu meter.

"Tadi pagi kami lewat samping panjat tembok. Ada juga tadi siswa digendong sama guru laki-laki, karena banjirnya sampai sepinggang saya," sebut Sunarti.

Pantauan Kompas.com pukul 14.00 WIB, banjir sudah mulai surut sekitar 10 sentimeter.Belasan rumah warga yang diterjang banjir, dengan ketinggian 40 sentimeter sampai 80 sentimeter. Selain rumah warga, banjir juga merendam badan jalan. Sejumlah warga tampak nekat menerobos banjir untuk menuju rumahnya. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum
wwwwww