Pondok Pesantren di Riau Diharapkan Melahirkan Santripreneur

Jum'at, 22 Oktober 2021 17:36 WIB
Advertorial
pondok-pesantren-di-riau-diharapkan-melahirkan-santripreneurGubernur Riau H Syamsuar ketika berpidato pada upacara peringatan Hari Santri Tahun 2021 di Lapangan Upacara Kantor Bupati Pelalawan, Jumat (22/10/2021)/F-ISTIMEWA

PELALAWAN, POTRETNEWS.com - Seluruh pondok pesantren yang ada di Provinsi Riau diharapkan mampu melahirkan Santripreneur. Harapan itu disampaikan Gubernur Riau (Gubri) H Syamsuar, usai menjadi Inspektur pada upacara peringatan Hari Santri Tahun 2021 Tingkat Provinsi Riau, Jumat (22/10/2021).

"Pesan kami pada hari Santri agar anak-anak giat belajar, dan sesuai harapan presiden dan wakil presiden bahwa seluruh pondok pesantren harus mampu melahirkan Santripreneur, yaitu selain menjadi kader ulama, santri harus bisa juga menjadi wirausaha," kata Gubri di Lapangan Upacara Kantor Bupati Pelalawan.

Dengan demikian, kata Gubri, dari pondok pesantren ini lah akan terlahir cikal bakal pengusaha-pengusaha sukses Indonesia.

"Para santripreneur ini nantinya bisa mandiri dalam bekerja, bahkan bisa menciptakan peluang lapangan kerja dan ekonomi baru," jelasnya.

Di masa pandemi Covid-19 saat ini, tema yang diangkat Hari Santri tahun 2021 yakni 'Santri Siaga Jiwa Raga'. Tema ini dinilai sangat penting dan relevan. Karena kaum santri tidak boleh lengah dalam menjaga protokol kesehatan 5M+1D (Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, Mengurangi Mobilitas, dan Doa).

Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas, kata Syamsuar mengapresiasi pengalaman beberapa pesantren yang berhasil melakukan upaya pencegahan, pengendalian, dan penanganan atas dampak pandemi Covid-19.

Hal itu menjadi bukti nyata bahwa pesantren juga memiliki kemampuan untuk menghadapi pandemi Covid-19 di tengah berbagai keterbatasan fasilitas yang dimilikinya.

"Modal utamanya adalah tradisi kedisiplinan dan sikap kehati-hatian yang selama ini diajarkan oleh para pimpinan pesantren kepada santri-santrinya," ujar Gubri.

"Tidak lupa pula bahwa keteladanan mereka berkontribusi untuk mendorong para santri bersedia ikut vaksin yang saat ini sedang diprogramkan oleh pemerintah," tambahnya.

Peringatan Hari Santri Tahun 2021 ini terasa istimewa. Sebab kalangan pesantren kembali mendapatkan ‘kado indah’ dari Presiden Joko Widodo, yaitu berupa Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2021 tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren. (Adv)

Kategori : Pemerintahan, Riau
wwwwww