Home > Berita > Umum

11 Tengkorak Manusia yang Ditemukan di Telukpulai Rokan Hilir Berawal saat Tanam Mangrove

11 Tengkorak Manusia yang Ditemukan di Telukpulai Rokan Hilir Berawal saat Tanam Mangrove

Tengkorak yang ditemukan di Telukpulai, Rokan Hilir/F-DATARIAU.com

Kamis, 14 Oktober 2021 19:44 WIB

ROKAN HILIR, POTRETNEWS.com — Warga dihebohkan dengan temuan tulang belulang manusia di tepi pantai Kepenghuluan Teluk Pulai, Kecamatan Pasirlimaukapas, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau. Kapolres Rohil AKBP Nurhadi Ismanto saat dikonfirmasi membenarkan adanya temuan tulang belulang manusia di wilayah kerjanya itu.

”Ada warga atas nama Surya yang menemukan 11 tengkorak dan tulang belulang manusia," ujar Nurhadi, Kamis (14/10/2021), melansir kompas.com .

Ia menjelaskan, awalnya beredar foto di Facebook yang memperlihatkan seorang laki-laki dengan belasan tengkorak dan tulang belulang manusia, Rabu (13/10/2021). Akun yang mengunggah foto tersebut bernama Surya. Polisi pun melakukan penelusuran dan dapat menemui warga tersebut.

Kepada polisi, Surya mengaku menemukan belasan tengkorak dan tulang manusia itu di tepi pantai belakang kuburan. "Surya saat itu sedang melakukan penanaman pohon mangrove di tepi pantai, lalu menemukan tengkorak kepala dan tulang manusia tersebut," kata Nurhadi.

Tengkorak dan tulang belulang manusia itu pun dikumpulkan oleh Surya. Di lokasi itu, kata Nurhadi, juga ditemukan masih ada batu nisan yang menyerupai batu nisan untuk kuburan Muslim.

”Setelah dilakukan koordinasi dengan tokoh masyarakat Kepenghuluan Telukpulai, sekitar tahun 1980 lokasi tersebut merupakan kuburan umat islam yang berukuran 50x50 meter dan masih berbentuk tanah," kata Nurhadi. Namun, sambung dia, semenjak tahun 2019, lokasi kuburan tersebut mulai mengalami abrasi akibat air laut. Tanah kuburan yang abrasi, mengakibatkan kuburan tersebut terbongkar.

”Setelah dilakukan koordinasi dengan tokoh masyarakat dan Penghulu Teluk Pulai, tulang belulang yang ditemukan akan dipindahkan dan di kuburkan kembali secara agama Islam," sebut Nurhadi.

Sementara itu, tambah Nurhadi, maksud Surya mengunggah temuan tulang belulang di media sosial itu bukanlah untuk memperkeruh suasana. Namun, hanya untuk memberitahukan kepada masyarakat siapa tahu ada keluarga mereka yang dikuburkan dulunya di lokasi tersebut. ***

Editor:
Wahyu Abdillah

Kategori : Umum, Rohil
wwwwww