Home > Berita > Umum

Unilak Perguruan Tinggi Pertama Direkomendasikan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas

Unilak Perguruan Tinggi Pertama Direkomendasikan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas
Selasa, 12 Oktober 2021 19:10 WIB
Widya Paramitha

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Universitas Lancang Kuning Pekanbaru menjadi Perguruan Tinggi Pertama yang direkomendasikan oleh Satgas Covid 19 untuk pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Hal ini setelah satgas Covid 19 kota Pekanbaru melakukan kunjungan ke kampus Unilak. Rabu 12/10/2021.

Satgas Covid tiba sekitar pukul 9.30 pagi di pimpin oleh Saptian Dana Nugraha S. STP. Saat tiba di kampus kebanggaan masyarakat Riau ini satgas Covid 19 langsung meninjau fakultas Fasilkom dan Fakultas Hukum, gedung rektorat, ruang perpustakaan, layanan administrasi, dan ruang kelas.

Sementara di Fahutan tengah berlangsung yudisium di aula fakultas. Di aula itu seluruh peserta yang hadir tampak menggunakan masker, kemudian peserta yudisium juga menggunakan sarung tangan. Selain itu panitia juga menyediakan masker, hand sanitizer. Sementara di luar gedung fasilitas mencuci tangan dengan air mengalir telah tersedia.

Kunjungan dilanjutkan ke gedung Fakultas Hukum Unilak, disana Satgas Covid 19 disambut hangat oleh Dekan Dr. Fahmi. SH. Mh, dan didampingi oleh Wakil Rektor I Zamzami. S. Kom. M. Kom dan Wakil Rektor II Dr. Bagyo Kadaryanto. SH.MH. selama di Fakultas Hukum Dekan juga menjelaskan berbagai proses pelaksanaan protokol kesehatan dalam pembelajaran tatap muka terbatas.

Pantauan di fakultas hukum petugas Unilak juga melakukan pemeriksaan suhu tubuh kepada seluruh orang yang memasuki gedung. Dibeberapa tempat spanduk ajakan untuk taat prokes juga di pasang. Sementara di ruang publik lingkungan kampus tempat duduk berjarak juga di beri tanda silang.

Di kesempatan itu, Satgas Covid juga bertemu dengan Rektor Unilak, Rektor Unilak Dr. Junaidi. M. Hum saat ditemui mengatakan Unilak telah melaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas seiring dengan kota Pekanbaru yang berstatus PPKM level II. " Sejak satu tahun lalu Unilak telah menyiapkan berbagai aturan dan infrastruktur untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas di lingkungan kampus dengan mengikuti pedoman dari pemerintah. Tidak hanya menyiapkan instruktur tapi juga dikuatkan dalam kebijakan rektor dan intruksi rektor.

Dijelaskan Dr. Junaidi, bahwa pembelajaran tatap muka terbatas ini dilakukan dengan mengurangi jumlah siswa 25- 50 persen di dalam kelas, harus saling berjarak, dan mempercepat pelaksanaan proses waktu perkuliahan.

Dikatakan Rektor untuk mendukung itu pegawai, dosen, dan mahasiswa telah ikut sukses pelaksanaan vaksinasi. Sejak pandemi Covid 19, Unilak taat dan konsisten untuk patuh akan protokol kesehatan, berbagai aktifitas adaptasi baru telah dilakukan sejak satu tahun lalu, diantaranya wisuda beralih drive thru, proses belajar daring, wisuda yang berlangsung hingga tiga hari di hotel yang telah memiliki standar prokes.

"Hadirnya satgas Covid 19 ke Unilak tentunya menjadi hal yang positif untuk melihat sejauh mana prokes yang diterapkan di lingkungan kampus, alhamdulillah satgas Covid memberikan apresiasi atas prokes yang telah dilakukan Unilak. Artinya pembelajaran tatap muka terbatas di Unilak bisa terus dilakukan dengan tetap disiplin. "

Satgas Covid Saptian Nugraha saat ditemui mengatakan didalam kelas sudah sesuai prokes, aktifitas diluar lebih baik kurangi kerumunan, untuk saat ini, Unilak yang baru keluar surat rekomendasi untuk pembelajaran tatap muka terbatas. ujarnya.

Sementara itu Dekan Fahmi SH. MH saat dihubungi mengatakan, kuliah tatap muka telah dimulai Oktober untuk semester 1 dan Semester 3 dengan tetap mematuhi Protokol Kesehatan. "Sebelum masuk ruangan mahasiswa di cek suhu tubuh, mencuci tangan dan memakai masker. Perkuliahan dilaksanakan sistem shif mahasiswa nomor kehadiran 1-25 Kuliah tatap muka di minggu pertama dan mahasiswa nomor kehadiran 26-50 kuliah tatap muka di minggu kedua.Bagi Mahasiswa yang tidak Kuliah tatap muka, mengikuti kuliah secara daring melalui EdLink dan dapat melakukan absen melalui smart unilak. Sementara untuk semester 5 dan 7 Kuliah tatap muka dimulai bulan November satu kelas diisi 25 orang. " ***

Kategori : Umum
wwwwww