Gubernur Syamsuar Ajak Warga Riau Beralih Menggunakan Kaca, Tinggalkan Botol Plastik

Gubernur Syamsuar Ajak Warga Riau Beralih Menggunakan Kaca, Tinggalkan Botol Plastik
Rabu, 06 Oktober 2021 15:36 WIB

SIAK, POTRETNEWS.com — Sempena peringatan Hari Ozon sedunia, Gubernur Riau menyerahkan 49 penghargaan lingkungan, baik bagi pribadi maupun Sekolah Adiwiyata di wilayah tersebut.

Penghargaan Sekolah Adiwiyata 2021 dari Pemerintah Provinsi Riau ini diserahkan di Taman Hutan Rakyat (Tahura) Sultan Syatif Hasyim, Minas, Kabupaten Siak, Riau, Rabu (6/10).

"Penghargaan Sekolah Adiwiyata merupakan penghargaan bagi sekolah yang peduli dengan lingkungan. Sekolah penerima penghargaan ini dinilai dapat membantu pemerintah dalam menciptakan generasi yang cinta terhadap lingkungan yang . Sebab kebersihan lingkungan akan berdampak pada kesehatan dan masa depan dunia," kata Gubernur Riau Syamsuar di Siak, Rabu.

Syamsuar berharap, di hari ozon ini semua masyarakat peduli akan lingkungan salah satunya dengan mengurangi penggunaan botol minuman berbahan plastik.

"Mari kita beralih menggunakan kaca, tinggalkan botol plastik," ajaknya.

Ia juga mengapresiasi sekolah yang berhasil menerima penghargaan, dan berharap mampu mempertahankannya. Syamsuar pada kesempatan yang sama juga juga menebar 4.000 bibit ikan di danau yang ada di kawasan Tahura.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Riau, Maamun Murod menjelaskan bahwa 49 sekolah penerima penghargaan Sekolah Adiwiyata tahun ini, terdiri dari 19 sekolah dari Kabupaten Bengkalis, 13 sekolah dari Kota Pekanbaru.

Lalu, 7 sekolah dari Kabupaten Rokan Hilir, 4 sekolah dari Kabupaten Siak, 3 sekolah dari Kabupaten Pelalawan, 1 sekolah Kabupaten Indragiri Hilir, 1 sekolah dari Kabupaten Kampar, 1 sekolah dari Kabupaten Kuansing dan 1 sekolah dari Kota Dumai.

"Kami laporkan kepada bapak Gubernur bahwa sejak dimulainya pelaksanaan Program Adiwiyata di Provinsi Riau, disampaikan Penghargaan yang telah diperoleh sampai dengan tahun 2021 sebanyak 739 sekolah dengan rincian, Adiwiyata Provinsi 579 sekolah, Adiwiyata Nasional 140 sekolah, Adiwiyata Mandiri 19 sekolah dan Eco School 1 sekolah," tukas Murod.

Perlu diketahui dari puluhan penerima penghargaan tersebut terdapat beberapa sekolah yang menjadi binaan PT. Riau Pulp and Paper (RAPP). Mereka adalah sekolah yang berlokasi di kawasan produksi RAPP. Salah satu diantara yang mendapat penghargaan Sekolah Adiwiyata bahkan menjadi pemuncak dan meraih nilai tertinggi yakni SD swasta IT At- Taqwa Pelalawan. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Pemerintahan, Siak
wwwwww