Gara-gara Lampu Teplok dalam Keadaan Menyala Jatuh, 2 Rumah di Riau Hangus

Gara-gara Lampu Teplok dalam Keadaan Menyala Jatuh, 2 Rumah di Riau Hangus

Kebakaran menghanguskan dua unit rumah di Kecamatan Rengat, Inhu, Riau. Awalnya korban menyalakan pelita tak sengaja tumpahkan minyak tanha hingga memicu kebakaran.

Rabu, 06 Oktober 2021 17:44 WIB

RENGAT, POTRETNEWS.com — Nyalakan pelita saat listrik padam tak sengaja Rosmanita tumpahkan minyak tanah hingga memicu kebakaran yang hanguskan 2 rumah di Inhu, Riau. Kebakaran menghanguskan dua unit rumah di Gang Sempurna, Kelurahan Kambesko, Kecamatan Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) pada Selasa (5/10/2021) malam.

Kejadian berlangsung sekitar pukul 21.30 WIB pada Selasa malam. Api baru berhasil dipadamkan sekitar pukul 23.45 WIB. Kepala Kantor Penanggulangan Bencana Daerah (KPBD) Inhu, Ergusfian S.Sos mengatakan, untuk melakukan pemadaman pihaknya menurunkan dua unit mobil pemadam kebakaran, dan dua unit mesin.

"Selain itu pemadaman juga dibantu satu unit mobil rescue BNPB, satu unit mobil tangki Manggala Agni dan satu unit mobil tangki PDAM rengat untuk suplai air," kata Ergusfian.

Proses pemadaman dilakukan oleh 12 orang personil pemadam dan 10 orang personil KPBD. Sementara itu, Tribunpekanbaru.com mengkonfirmasi aparat Kepolisian Polres Inhu. Kapolres Inhu, AKBP Bachtiar Alponso melalui Ps Paur Humas Polres Inhu, Aipda Misran mengungkapkan kronologi terjadinya kebakaran tersebut. Berdasarkan penuturan Misran, kebakaran itu bermula dari rumah seorang korban atas nama Rosmanita alias Butet (41), melansir Tribunnews.com.

"Api berasal dari pelita yang dinyalakan oleh Rosmanita saat listrik padam," kata Misran.

Misran menjelaskan korban memang sengaja menyalakan pelita saat listrik padam. Kemudian pada saat akan menambah bahan bakar minyak tanah, korban Rosmanita tidak sengaja menjatuhkan pelita yang dalam keadaan menyala tersebut.

Sehingga mengakibatkan api langsung menyambar ke tong yang berisi minyak tanah dan membakar bagian depan rumah. Api dengan cepat menyambar rumahnya. Melihat api membesar korban meminta tolong warga sekitar untuk memadamkan api. Warga kemudian membantu memadamkan api dengan cara menyiramkan air ke sumber api. Namun api semakin membesar dan menjalar ke rumah sebelahnya yang dimilik oleh korban Sahrudin.

"Pada saat kejadian rumah Sahrudin dalam keadaan kosong dan terkunci," ujar Misran.

Saat kebakaran, korban Rosmanita dan keluarga segera menyelamatkan diri dengan cara keluar melalui jendela bagian belakang rumah. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun hingga saat ini belum ada perhitungan kerugian materil yang pasti. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Pemerintahan, Inhil
wwwwww