Home > Berita > Umum

Semangat Gotong Royong Masih Terpelihara di Dusun Kampungparit Bengkalis

Semangat Gotong Royong Masih Terpelihara di Dusun Kampungparit Bengkalis

Warga Dusun Kampung Parit, Pangkalan Batang Barat saat bergotong royong melakukan rehab rumah Arahman yang menerima dana Program BTB BAZNas Kabupaten Bengkalis, Ahad (26/9/2021).

Senin, 27 September 2021 08:25 WIB
Junaidi Usman

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Diantara dampak negatif perkembangan zaman adalah semakin terkikisnya jiwa gotong royong di tengah masyarakat. Namun, bagi warga Dusun Kampung Parit Desa Pangkalan Batang Barat, Bengkalis Riau, semangat gotong royong ini masih terpelihara hingga sekarang sebagaimana terlihat pada Ahad, 26 September 2021 pagi semalam.

Dibawah komando Ketua RT 11, Mesri terlihat puluhan warga, melalui bantuan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNas) Kabupaten Bengkalis melakukan rehab ringan Rumah Layak Huni (RLH) periode pertama milik Arahman bin Abdul Rahman bernomor 147, lantai dan dindingnya yang telah lapuk.

"Ini kegiatan bagus. Inilah kebiasaan daghi warga Kampong PaghEt ini. Kalau ade hal-hal yang peghelu dikeje same, dikejekan besame," kata Azwar, seorang warga yang ikut menyumbangkan tenaganya, Ahad (26/9/3/2021) pagi menjelang siang semalam dalam dialek Melayu Pesisirnya.

Dalam kesempatan itu, Azwar pensiunan guru ini berharap, "Cume kami mengaghapkan lagi daghi pihak-pihak yang bekompeten yang bewenang, kighe-kighe kalau ndak membeghi tu jangan tanggong-tanggong, cukoplah. Kalau tenage, biolah kami same-same masyarakat di lapangan," harapnya.

Dikatakan Azwar, usulan pertama untuk rehab ringan rumah Arahman tadi sebesar 15 juta rupiah, yang keluar 3,850 juta rupiah dengan presentasi rehab hanya sekitar 40% pada bagian rumah induk sahaja.

"Kalau bagian belakangnye, dapou, WC-nye yang ade memang tak layak lah, do karene tak ade lagi jaman ini, do WC teghebang. Mudah-mudahan, kedepannye, taon-taon besok adelah bantuannye lagi. Kami juge mengucapkan teghime kasih yang sebeso-besonye kepade pihak-pihak yang turut andil dalam hal ini, baik itu yang mengusulkan, maupun yang membeghi (BAZNas Kab. Bengkalis)," tutur Azwar di akhir wawancara.

Sementara itu, Ketua BAZNas Kabupaten Bengkalis, H Ali Ambar kepada media ini mengatakan, "Ini termasuk program BTB, BAZNas Tanggap Bencana. Maksud makna bencana ini luas, ada juga bidang kemanusiaan, ketika rumah warga hampir roboh belum dapat bantuan dari dinas terkait, kami pun tidak tahu persoalannya. Alhamdulillah, BAZNas cepat tanggap kita bantu rehab rumah mereka ini. Memang keuangan kita terbatas, kita bantu sesuai kemampuan dan hasil tim survei faktual BAZNas Kabupaten Bengkalis kemarin," terang H Ali Ambar melalui sambungan teleponnya.

Menanggapi harapan Azwar di atas, H Ali Ambar mengajak kepada seluruh masyarakat. "Mari kita bahu-membahu bergotong-royong terutama masyarakat setempat untuk membantu Arahman yang hidup dalam keterbatasan. Tentu BAZNas Kabupaten Bengkalis mengucapkan terima kasih kepada masyarakat, kepada seluruh mudzaki yang membayar zakat dan kepada pemerintah daerah yang sudah mempercayai BAZNas sebagai lembaga penerima zakat," ungkap Ketua BAZNas Kabupaten Bengkalis, H Ali Ambar. ***

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww