Home > Berita > Umum

Kebutuhan Air 624.000 Jiwa di Riau Bakal Dipenuhi SPAM yang Berlokasi di Kampar

Kebutuhan Air 624.000 Jiwa di Riau Bakal Dipenuhi SPAM yang Berlokasi di Kampar

Acara pemancangan tiang pertama SPAM Lintas Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar, Senin (21/09/2021).(Dok. PT PP (Persero) Tbk.)

Rabu, 22 September 2021 14:13 WIB

JAKARTA, POTRETNEWS.com — PT PP (Persero) Tbk melalui anak dan cucu usahanya, PT PP Infrastruktur dan PT PP Tirta Riau mulai membangun Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Lintas Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar.

Kegiatan ini dilaksanakan menyusul telah dilakukan pemancangan tiang pertama SPAM tersebut di Desa Kualu, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, Senin (20/09/2021).

Pemancangan tiang ini merupakan proses awalnya dimulainya tahap konstruksi pembangunan SPAM dengan nilai investasi Rp 2 triliun tersebut. Melalui pembangunan SPAM Lintas Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar ini diharapkan air minum air minumnya akan mengalir secara bertahap ke rumah pelanggan pada akhir tahun 2022, melansir Kompas.com.

Direktur Operasi PP Infrastruktur Satya Priyambodo mengatakan, pembangunan instalasi unit produksi direncanakan berlangsung dalam dua tahap dengan total kapasitas sebesar 1.000 liter per detik (lpd).

"Pembangunannya ini (sesuai) dengan hasil keluaran standar kualitas air minum Peraturan Menteri (Permen) Kesehatan serta pelayanan 24 jam per hari," kata Satya dalam siaran pers, Selasa (21/9/2021).

Sedangkan pembangunan jaringan pipa akan dilaksanakan dalam empat tahap yang direncanakan melayani kebutuhan pelanggan rumah tangga maupun non-rumah tangga di wilayah Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar.

Corporate Secretary PP Yuyus Juarsa mengungkapkan, SPAM Lintas Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar akan melayani kurang lebih 624.000 jiwa atau sekitar 102.000 sambungan rumah (SR) di lima kecamatan.Kelimanya adalah Kecamatan Tampan, Kecamatan Bukit Raya, Kecamatan Marpoyan Damai, Kecamatan Siak Hulu, serta Kecamatan Tambang.

"Dengan peningkatan cakupan layanan dari sebelumnya 0 persen di area pelayanan menjadi55 persen di area greenfields," ujar Yuyus.

Yuyus mengungkapkan, sumber air baku yang akan digunakan di daerah tersebut berasal dari Sungai Kampar. Selain investasi unit produksi lingkup hulu dan distribusi di hilir, PP Tirta Riau akan mendukung Perumdam Tirta Siak dan Perumdam Tirta Kampar dalam bentuk perencanaan dan pendampingan manajemen.

Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan pelayanan dan kinerja mereka dalam melaksanakan kegiatan air minum bagi kebutuhan pelanggan di wilayah kerja sama, baik dari segi kualitas, kuantitas, kontinuitas, dan keterjangkauan. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum, Kampar
wwwwww