Probis dan Geliat UMKM, Program dari DPMPTSP Pekanbaru Pasarkan Bisnis lewat Medsos Resmi Pemerintah

Kamis, 16 September 2021 15:28 WIB
Advertorial
iprobis-dan-geliat-umkmi-program-dari-dpmptsp-pekanbaru-pasarkan-bisnis-lewat-medsos-resmiProses pengambilan video program ”Probis dan Geliat UMKM” oleh tim dari DPMPTSP Pekanbaru.

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Dalam memperkenalkan produk-produk milik warga kota Pekanbaru, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) melalui Bidang Perencanaan, Pengembangan Iklim dan Promosi Penanaman Modal meluncurkan program Promosi Bisnis (Probis) dan "Geliat UMKM".

Probis ini adalah kegiatan yang bertujuan untuk mempromosikan usaha besar yang ada di Kota Pekanbaru dengan berlandaskan kepada SK Walikota.

Kedua program tersebut merupakan bentuk promosi usaha melalui konten video promosi untuk pelaku usaha, baik itu industri besar mau pun mikro kecil menengah (UMKM) menggunakan media sosial Youtube, Instagram dan Facebook resmi DPMPTSP Kota Pekanbaru.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/23092021/potretnewscom_k7gsj_2240.jpgProses pengambilan video program ”Probis dan Geliat UMKM” oleh tim dari DPMPTSP Pekanbaru.

"Kami membantu para pelaku usaha agar dapat mempromosikan usaha atau bisnisnya dengan pembuatan liputan video profil usaha oleh tim kreatif Media Sosial yang berada di bawah bidang Perencanaan, Pengembangan Iklim dan Promosi Penanaman Modal," ujar Kepala Bidang Perencanaan, Pengembangan Iklim dan Promosi Penanaman Modal, Dessy Triana, SE, M.Si.

Lebih lanjut dikatakan Dessy, program "Geliat UMKM" sudah memasuki episode ke-25 sejak bulan Juni tahun 2020 hingga sekarang. Dengan durasi video promosi maksimal 7 menit, program ini memfasilitasi kepada pelaku usaha UMKM untuk mempromosikan produknya dalam bentuk proses produksi, keunggulan produk dan pemasaran.

Jika usaha Anda ingin diliput, pastikan telah memiliki izin usaha sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 7 Tahun 2021 tentang Kemudahan, Pelindungan, dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (PP UMKM), dan izin yang dikeluarkan oleh DPMPTSP.

"Bagi pelaku UMKM yang mau dipromosikan terutama pelaku UMKM yang baru launching, wajib mem-follow dan subscribe media sosial DPMPTSP, kemudian menghubungi kami melalui web dpmptsp.pekanbaru.go.id/promosi," ucap Dessy.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/23092021/potretnewscom_r5jm9_2241.jpgSalah satu usaha yang dipromosikan melalui program ”Probis dan Geliat UMKM”.

Teknis pelaksanaannya Tim koordinator Geliat UMKM memilih dan menentukan beberapa UMKM berdasarkan data perizinan yang ada di DPMPTSP, tahapan pertama menghubungi pelaku usaha terkait kesiapan proses promosi, tahapan kedua dilanjutkan dengan survei dan observasi terkait jadwal dan konsep yang akan diangkat dari usaha tersebut.

Terakhir, melakukan liputan video dan wawancara. Pada proses pengambilan video dan wawancara, pelaku usaha mendeskripsikan produk, proses produksi, keunggulan produk, pemasaran dan lokasi outlet/galerinya.

Apresiasi atas program Probis dan Geliat UMKM datang dari salah seorang pelaku usaha UMKM yang usahanya telah diliput oleh tim DPMPTSP. "Kami sangat berterimakasih kepada DPMPTSP Kota pekanbaru telah membantu mempromosikan usaha kami, sejauh ini belum ada dari pihak Pemerintah mempromosikan produk kami," ujar pemilik galeri Tenun Wan Fitri tersebut saat ditemui di sela-sela syuting Geliat UMKM. (Adv)

wwwwww