Home > Berita > Umum

Masih Berusia 16 Tahun, Alumnus MAN 2 Pekanbaru Jadi Mahasiswa Termuda FH Universitas Padjajaran

Masih Berusia 16 Tahun, Alumnus MAN 2 Pekanbaru Jadi Mahasiswa Termuda FH Universitas Padjajaran

Universitas Padjajaran atau Unpad. unpad.ac.id

Selasa, 14 September 2021 13:08 WIB

JAKARTA, POTRETNEWS.com — Salwa Naya Syakirah jadi mahasiswa baru paling muda seangkatan lainnya di Universitas Padjadjaran atau Unpad tahun akademik 2021/2022, usianya masih 16 tahun 7 bulan. Ia ambil Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum Unpad melalui jalur SNMPTN.

Ia berasal dari Pekanbaru, Riau. Dan lahir disana pada 15 Januari 2005. Memang ia relatif lebih cepat masuk sekolah dasar, yaitu diusia 5,5 tahun. Untuk jenjang SD dan SMP Salwa diselesaikannya dengan rentang waktu yang normal, yaitu 6 dan 3 tahun. Sementara itu, ketika menjalani studi di MAN 2 Pekanbaru, Ia mengikuti program akselerasi sejak duduk di bangku kelas X, alhasil hanya butuh 2 tahun Salwa bisa lulus SMA.

“Kami diberikan modul berisi tugas-tugas. Kalau bisa menyelesaikan tugas itu lebih cepat dan mumpuni, bisa lanjut ke materi selanjutnya,” tutur Salwa, dikutip dari situs unpad.ac.id, melansir Tempo.co.

Metode pembelajaran secara online di masa pandemi tak begitu mengganggu Salwa, ia justru mengaku lebih fokus dengan metode tersebut, dan ia semakin terbiasa. Mengingat hampir separuh masa SMA nya dijalani semasa pandemi, ditiadakannya sekolah tatap muka.

Terkait jurusan pilihannya, Salwa juga sudah berpikir jauh. Menurutnya jurusan ini memiliki prospek karier yang bagus dan luas. Salah satu karier impiannya dapat bekerja di Komisi Nasional atau lembaga yang bergerak di bidang HAM dan kemanusiaan. Selain itu, ia sudah menyukai mata pelajaran sosio humaniora sejak SMA.

Sama seperti jenjang pendidikan sebelumnya, Salwa juga sudah berencana untuk menyelesaikan studinya di FH Unpad tepat waktu. “Inginnya lulus 3,5 tahun dan kalau bisa lulus dengan nilai memuaskan,” ujarnya. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum
wwwwww