Gubernur Syamsuar Temui Menkominfo untuk Bereskan Akses Internet di Seluruh Desa di Riau

Gubernur Syamsuar Temui Menkominfo untuk Bereskan Akses Internet di Seluruh Desa di Riau
Sabtu, 11 September 2021 12:35 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Gubernur Riau Syamsuar menemui Menteri Komunikasi dan Informatika di Jakarta, Jumat, yang salah satu tujuannya adalah meminta bantuan untuk membuka akses internet di desa mengingat saat ini dalam kondisi pandemi COVID-19 yang membutuhkan akses internet untuk belajar.

Dalam pertemuan itu, Syamsuar juga menyampaikan bahwa dari 1.591 Desa di Provinsi Riau, yang sudah memiliki akses internet itu sebanyak 1.322 desa, sedangkan 269 desa lainnya masih belum terjangkau internet (blank spot).

Untuk itu, Gubri mengharapkan bantuan dari Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI, Johnny G. Plate bersama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo agar dapat membantu akses internet di Riau.

Syamsuar menyebutkan, akses internet dan telekomunikasi saat ini sangat dibutuhkan apalagi di tengah pandemi COVID-19, sekaligus dalam rangka mendukung transformasi digital di Provinsi Riau, melansir antaranews.com.

"Tadi kita bertemu Pak Menteri, menteri langsung menyuruh BAKTI menginventaris kembali area blank spot di Riau," ujarnya melalui pesan tertulis.

Orang nomor satu di Riau ini mengungkapkan, Menkominfo menargetkan dalam dua tahun ini akan dibangun akses internet desa yang diprioritaskan bagi daerah di wilayah 3T yaitu Tertinggal, Terdepan, dan Terluar.

BAKTI akan membangun Base Transceiver Station (BTS) bekerja sama dengan kabupaten/kota yang menjadi prioritasnya yaitu daerah di wilayah 3T dan sektor pelayanan publik. Nantinya, pembangunan BTS tersebut disesuaikan dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW), sehingga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dalam membangun literasi digital yang lebih baik lagi.

"Riau juga sudah ada pusat data yaitu satu data terpadu, adanya akses internet yang memadai diharapkan ke depannya tercover semuanya satu data nasional," ungkapnya.

Syamsuar menambahkan, Menkominfo juga meminta daerah untuk berkoordinasi dengan Menkominfo dalam membangun infrastruktur telekomunikasi di daerah serta membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni di bidang telekomunikasi.

Dalam kesempatan tersebut, Menkominfo juga mengapresiasi Provinsi Riau yang sudah memiliki Kota Cerdas (smart city), seperti di Kota Pekanbaru, Kabupaten Siak, dan Kabupaten Pelalawan.

"Menkominfo juga mengharapkan anak muda Riau juga merambah ke startup digital dan diharapkan muncul SDM unggul di bidang start up dari Riau," tutupnya. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Pemerintahan, Riau
wwwwww