Dapat Diunduh di Play Store, Aplikasi ”Pekanbaru Dalam Genggaman” Kini Hadir demi Memudahkan Urus Dokumen dan Perizinan

Senin, 06 September 2021 11:17 WIB
Advertorial
dapat-diunduh-di-play-store-aplikasi-pekanbaru-dalam-genggaman-kini-hadir-demi-memudahkan-urusKolase para petinggi Pemerintah Kota Pekanbaru memperlihatkan aplikasi ”Pekanbaru Dalam Genggaman”.

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Di era teknologi digital saat ini, sudah menjadi tuntutan zaman (publik) agar segala sesuatu yang berkaitan dengan surat-menyurat atau juga pengurusan perizinan dan dokumen dapat dikerjakan secara ekspres alias kilat.

Terlebih memasuki Revolusi Industri 4.0, ketika tingkatan perkembangan industri teknologi dunia saat ini berfokus kepada teknologi-teknologi yang bersifat digital.

Seperti halnya inovasi yang diluncurkan pemerintah kota Pekanbaru melalui Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo SP) pada 2 September 2021 kemarin.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/06092021/potretnewscom_n6vwd_2216.jpgTampilan aplikasi ”Pekanbaru Dalam Genggaman”.

Untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi dan layanan publik, Diskominfo Kota Pekanbaru membuat inovasi dengan menciptakan aplikasi ”Pekanbaru Dalam Genggaman” yang bisa diunduh dari Play store.

Lewat aplikasi ”Pekanbaru Dalam Genggaman” itu, masyarakat tak perlu repot lagi untuk berselancar ke situs organisasi perangkat daerah (OPD) yang hendak dituju sebab di aplikasi tersebut sudah terkoneksi langsung ke portal resmi Pemerintah Kota Pekanbaru, www.pekanbaru.go.id .

Kepala Dinas Kominfo SP Pekanbaru, Firmansyah Eka Putra ST MT mengapresiasi inovasi digital yang dikembangkan oleh Kabid PLIKP (Pengelolaan Layanan Informasi dan Komunikasi Publik) Diskominfo Pekanbaru, Mawardi SAg.

”Aplikasi ’Pekanbaru dalam Genggaman’ memudahkan masyarakat mendapatkan berbagai informasi dan layanan di Kota Pekanbaru. Awalnya, Pekanbaru dalam Genggaman merupakan salah satu output dari aksi perubahan Kabid PLIKP Diksominfo Pekanbaru, Mawardi SAg pada diklat pimpinan III administrator," ujarnya.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/06092021/potretnewscom_ynehl_2215.jpgWali Kota Firdaus memamerkan aplikasi ”Pekanbaru Dalam Genggaman”.

Firmansyah Eka Putra menyebut, dirinya sangat mendukung aksi perubahan yang dilakukan oleh Kabid PLIKP Diskominfo SP ini. Nantinya, aplikasi ”Pekanbaru Dalam Genggaman” akan menjadi sebuah inovasi daerah berkat dukungan dari wali kota, wakil wali kota, dan sekdako, beserta kadiskominfo, kabid dan tenaga IT yang tersebar di berbagai OPD di Kota Pekanbaru.

”Masyarakat bisa mendownload di Play Store. Melalui aplikasi tersebut) bisa masuk ke segala bidang pelayanan, baik kependudukan, seperti KTP, KK, KTP rusak, akte kelahiran dan pernikahan. Begitu juga dalam hal perpajakan, masyarakat dapat mengakses informasi pajak melalui smart pajak, urusan kepegawaian dapat mengakses informasi pegawai (SIMPEG), dishub, cctv sejumlah ruas jalan di kota Pekanbaru, wisata, peluang investasi, lowongan pekerjaan dari Disnaker, termasuk memantau aktivitas pendidikan dan kesehatan di kota pekanbaru. Semuanya bisa diakses dalam Pekanbaru dalam Genggaman," paparnya.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/06092021/potretnewscom_j2ng8_2217.jpgWali Kota Pekanbaru Firdaus (kanan) bersama Kabid Pengelolaan Layanan Informasi dan Komunikasi Publik (PLIKP) Diskominfo PS Pekanbaru, Mawardi. 

Lebih lanjut dikatakan Firmansyah, dengan terintegrasinya seluruh sistem informasi dalam satu tempat maka akan membentuk jaringan kerjasama yang saling melengkapi antar stakeholder serta peningkatan kemampuan sumber daya manusia di bidang Informasi digital dan layanan publik berbasis elektronik. Selain itu, juga semakin meningkatnya sistem diseminasi informasi kepada masyarakat luas dan mempercepat pelayanan publik dan kepegawaian.

Wali Kota Pekanbaru Dr H Firdaus MT yang dimintai tanggapannya secara terpisah mengapresiasi inovasi yang dilahirkan Dinas Kominfo melalui Bidang PLIPKP. ”Dengan aplikasi cerdas ini harapan kita bisa memudahkan masyarakat dalam pengurusan dokumen dan perizinan. Sejak awal kita memang berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” pungkasnya. (Adv)

wwwwww