Home > Berita > Umum

Dana Anniversary Perdana KMB Buat Touring Yang Batal, Dialihkan Giat Baksos Di Dua Kecamatan

Dana Anniversary Perdana KMB Buat Touring Yang Batal, Dialihkan Giat Baksos Di Dua Kecamatan

Wakiyem, orang ketiga menerima paket sembako foto bersama member KMB, Ahad (4/9/2021).

Senin, 06 September 2021 07:17 WIB
Junaidi Usman

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Nama Komunitas Mobil Bengkalis (KMB) sudah tidak asing lagi di telinga sebagian besar masyarakat di Pulau Bengkalis karena meski baru berdiri tapi telah beberapa kali melakukan kegiatan bakti sosial.

Resmi berdiri pada 20 Juli 2020 silam, KMB yang baru berusia setahun lebih ini telah melakukan kegiatan khitanan massal bagi 12 anak pada pada Jum'at, 28 Februari 2021 bertempat di Yayasan Bengkalis Qur'an Center (Bequranic) Desa Pangkalan Batang Barat.

Kemudian pada Ahad, 7 Maret 2021, 10 orang anak yang berasal dari desa di Kecamatan Bengkalis pula dikhitan bertempat di Desa Kuala Alam. Menyusul pula kegiatan serupa di Desa Teluk Latak beberapa pekan selepas itu.

Dan hari ini, Ahad 5 September 2021,memperingati setahun berdirinya komunitas yang diketua Andi Murthala dengan sekitar 60 orang member, 53 paket sembako dibagikan kepada kaum duafa dan fakir miskin di dua kecamatan, Bengkalis dan Kecamatan Bantan.

Jurnalis media ini yang telah beberapa kali mengikuti kegiatan bakti sosial komunitas yang mempunyai 3 sekretariat yaitu Syukri Komputer di Jalan Bantan, Toyota Agung Bengkalis Jalan Lembaga dan Dzakki Gorden Jalan Kelapapati Tengah yang tadi menjadi titik kumpul sempat terhenyak melihat warga penerima paket sembako yang pertama dikunjungi tinggal di Tegal Sari.

"Semoga bapak murah rejeki, panjang umur, jauh dari musibah," kata Salbiah (55 thn) mendoakan dan diamini lebih belasan member KMB yang hadir di depan rumah papan mungil yang disewa Salbiah Rp150.000/ bulan bersama suaminya umur 65 thn.

Sebelumnya, Rahayu (44 thn) warga Kelapapati Tengah yang suaminya buruh di gudang Bulog memiliki 5 orang anak yang mengaku KMB peduli dengan masyarakat yang kurang mampu. "Saye suke sekali. Insya Allah kedepannye akan lebih baik dari ini," ungkapnya.

Paket berikutnya diserahkan kepada Wakiyem (70 thn) yang tinggal di Gang Syakinah bersama anaknya di rumah yang dibangun pihak Desa Wonosari tersenyum bahagia menerima paket tadi pagi. "Terima kasih," ucapnya singkat.

Penyerahan terus berlanjut beberapa penerima setelah Wagiyem. Termasuk, seorang nenek yang kurang pendengaran pemilik rumah tangga miskin nomor urut 1584 yang rumahnya tak jauh dari Adem Kost Jalan Bantan, Senggoro.

Setelah menyerahkan paket sembako kepada kaum dhuafa di Kecamatan Bengkalis, rombongan masuk ke Jalan Sampun Desa Bantan Tua Kecamatan Bantan. Dari dalam rumah papan itu keluar lelaki berambut putih semua. Kepadanya, personil Polres Bengkals, Hery dan G Siregar yang mengawal perjalanan menyerahkan paket sembakonya.

Arifin (70 thn) yang kaki kirinya hanya sampai lutut warga Desa Bantan Tua juga, tinggal bersama istri dan seorang anak. Di teras rumah mungilnya terlihat kursi roda bantuan Provinsi Riau digunakan Arifin selama 4 tahun telah mulai berkarat dan ada bagian yang rusak. "Terima kasih, semoga lancar, semoga lebih baik kedepannya," ucap istri Arifin.

Waktu terus berjalan, menjelang azan Zuhur berkumandang, rombongan menuju Masjid Arraudhoh Kecamatan Bantan. Di sini, baksos dilakukan dengan membagikan 6 kotak masker kepada pengguna jalan berkendaraan sepeda motor maupun mobil. Diantaranya, mobil BM 1543 EO yang penuh dengan penumpang tersenyum bahagia menerima masker. "Terima kasih Pak, ye!" ucap ibu-ibu yang duduk di samping supir beriring tawa penumpang lain.

Tawa ini juga muncul dari beberapa supir pick up yang membawa pasir. Ucapan terima kasih selalu didapatkan member bahkan ucapan selamat ulang tahun juga mereka sampaikan. Di halaman masjid ini juga diserahan paket sembako kepada Tuniran (65 thn).

"Terima kasih, semoga yang memberikan ini panjang umurnya," kata Tumiran yang mengaku tinggal berdua bersama sang istri.

Karena waktu azan Zuhur belum tiba, rombongan pun langsung menuju musholla Pelabuhan Internasional Bandar Sri Setia Raja (BSSR) Selatbaru. Terlihat Noval dan Bagas sang member junior membentangkan sajadah. Suroso, Ketua Bidang Keagamaan menjadi imam sholat berjamaah tadi siang. Setelah selesai, 19 memberi KMB yang ada diikuti 4 anak member langsung masuk ke dalam pelabuhan. Dibantu 2 orang petugas jaga, rombongan diantar ke dermaga yang berada tepat di gigi sungai.

Di sini digelar serangkaian acara diawali makan siang bersama. Lalu acara puncak memperingati Anniversary KMB dengan agenda sambutan Jo selaku Ketua Panitia, sambutan Ketua KMB, sambutan Pembina disampaikan G Siregar dan tausyiah singkat oleh Kabid Keagamaan, Suroso. Setelah semua sambutan selesai dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Ketua KMB lalu diberikan kepada G Siregar, kepada Ketua Panitia dan kepada Kabid Keagamaan.

"Kalau rasa kita sudah menjadi membaur, semula belum kenal menjadi kenal. Mudah-mudahan,. lebih baik kedepannya antara Komunitas Mobil Bengkalis dengan Satlantas Polres Bengkals sebagai pembina. Kemudian, mudah-mudahan bantuan sosial tadi bermanfaat bagi masyarakat yang kurang mampu terutama masyarakat yang terdampak Covid-19. Kegiatan hari ini kita nilai sangat luar biasa. Mudah-mudahan apa yang sampaikan saat sambutan tadi, KMB semakin kompak, semakin guyub, akrab kekeluargaannya sebagaimana tema pada Anniversary KMB perdana ini. Mudah-mudahan, Satlantas sendiri tidak akan lupa membina komunitas ini. Pesan kita, mita selalu mendoakan yang terbaik dari yang baik. Semoga, program-program KMB ini bisa lebih baik lagi, bisa ada anivnya. Kegiatan bukannya seperti apa, setiap tahunnya apa. Bisa mendekatkan diri dan menjadi contoh kepada masyarakat sebagai pelopor keselamatan berlalu lintas," kata G Siregar kepada potretnews.com, Ahad (5/9/2021) yang segera menuju mobil patroli mereka untuk melanjutkan perjalanan pulang.

"Terima kasih kepada kawan-kawan semua. Pada hari ini telah selesai kegiatan kita untuk membagikan sembako kepada kaum duafa dan fakir miskin. Kita tadi dikawal oleh Satlantas Polres Bengkalis sekaligus mewakili untuk menyerahkan secara simbolis juga kegiatan pembagian sembako kepada kaum dhuafa. Semoga dengan kegiatan ini dapat meringankan beban masyarakat di masa Covid-19 sekarang ini. Dan semoga kami semua bisa berbuat kedepannya lebih banyak lagi memberikan bantuan atau bakti sosial kami kepada masyarakat yang ada di Kabupaten Bengkalis ini," kata Ketua KMB, Andi Murthala di titik pisah di Lapangan Tugu, Bengkalis.

Kegiatan yang bermula pukul 08.15 WIB ini menurut seorang member, Rony terlaksana ketika dirinya membagikan foto Komunitas Pajero menyerahkan 100 paket sembako kepada kaum dhuafa di Duri yang mendapat tanggapan positif rekan membernya sehingga terlaksanalah kegiatan di atas dengan baik dan lancar hingga berakhir pukul 15.25 WIB. ***

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww