Home > Berita > Umum

40 Tahun tidak Tidur, Wanita Ini Mengklaim tak Merasa Lelah atau Mengantuk

40 Tahun tidak Tidur, Wanita Ini Mengklaim tak Merasa Lelah atau Mengantuk
Sabtu, 04 September 2021 10:26 WIB

POTRETNEWS.com — Baru-baru ini, Kabupaten Bandung Barat dihebohkan dengan adanya wanita yang tak tidur selama 7 tahun. Wanita yang merupakan warga Kampung Warung Jati, RW 05/10, Desa Ciptagumati, Kecamatan Cikalongwetan itu bernama Cucu (45). Seperti diketahui, Cucu tidak bisa tidur sejak tahun 2014 yang hingga saat ini penyebabnya masih belum diketahui.

Hampir sama dengan yang dialami Cucu, seorang wanita di China malah tidak pernah tertidur selama sekitar 40 tahun. Meski tak tidur selama empat dekade, wanita bernama Li Zhanying dari Zhongmou, Provinsi Henan, China, tersebut mengeklaim tidak merasa lelah atau pun mengantuk. Bahkan kondisinya tampak sehat dan bugar. Sejumlah media China mewartakan, pengakuan Li tersebut dikonfirmasi oleh suaminya dan tetangganya sebagaimana dilansir Oddity Central, Jumat (3/9/2021), melansir Tribunnews.com.

Li mengaku, terakhir kali dia tidur adalah saat berusia lima atau enam tahun. Sejak saat itu hingga sekarang, tidur hanyalah sebatas kata baginya. Beberapa tahun lalu, beberapa tetangganya mencoba menguji klaimnya dengan bermain kartu melawannya di bawah lampu jalan saat malam hari. Melansir Oddity Central, justru para tetangga ini yang tak kuat. Satu per satu akhirnya pulang atau tertidur di situ, sementara Li tetap terjaga. Suami Li, Liu Suoquin, juga membenarkan bahwa istrinya tidak perlu tidur sama sekali.

Sejak keduanya menikah, Liu memperhatikan bahwa istrinya terus terjaga sepanjang siang dan malam, bahkan melakukan pekerjaan rumah di tengah malam. Li terus mengatakan kepada Liu bahwa dia tidak bisa tidur. Liu sempat membelikan istrinya pil tidur, namun itu tidak bekerja.

Menurut Bastille Post, Li sudah mencari bantuan medis mengenai kondisinya tersebut berkali-kali, tetapi para dokter tidak pernah menemukan sesuatu yang mencurigakan. Hingga akhirnya setelah Li mengunjungi pusat medis di Beijing, misteri kurang tidurnya yang sudah berlangsung puluhan tahun akhirnya terpecahkan.

Tim dokter menggunakan sensor canggih untuk memantau wanita itu selama 48 jam dan menemukan bahwa dia sebenarnya tidur, hanya saja tidak seperti kebanyakan orang. Data yang dikumpulkan selama pemantauan gelombang otak 48 jam menunjukkan bahwa Li memang sempat tidur dangkal hingga sedang seperti orang biasa. Menurut tim dokter, Li sebenarnya tertidur meski tidak dengan mata tertutup, bahkan saat berbicara dengan suaminya. Tim dokter itu menggambarkan fenomena ini sebagai "tidur saat terjaga” di mana beberapa saraf dan organ Li Zhanying masih aktif selama tidur.

Oddity Central melaporkan, kondisi tersebut mirip dengan sleepwalking alias tidur sambil berjalan. Tim dokter itu mengatakan bahwa Li sebenarnya tertipu oleh otaknya sendiri. Saat dia beristirahat, sebagian tubuhnya sudah memasuki dormansi, alias kondisi beristirahat yang dialami organisme hidup, tanpa menutup matanya. Misalnya, ketika Li berbicara dengan suaminya, gerakan matanya melambat yang menunjukkan bahwa dia sedang beristirahat selama momen-momen itu. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum
wwwwww