Home > Berita > Umum

Generasi Muda Bengkalis Kehilangan Sosok Teladan Asal Rupat Utara

Generasi Muda Bengkalis Kehilangan Sosok Teladan Asal Rupat Utara

Anak pertama almarhum H Abdullah, Rudi Kamaruddin memimpin pembacaan doa setelah membaca talkin, Jum'at (3/9/2021) siang.

Jum'at, 03 September 2021 20:30 WIB
Junaidi Usman

TELUKHRHU, POTRETNEWS.com — Jum'at, 25 Muharram 1443 Hijriah, khotib di Masjid Al Barokah Dusun Tanjung Jaya Desa Teluk Rhu, Kecamatan Rupat Utara, Rudi Kamaruddin menyampaikan judul khutbah "Kematian Itu Pasti".

Sang khotib yang siang tadi juga menjadi imam sholat Jum'at adalah anak pertama dari almarhum H Abdullah, tokoh kelahiran Rupat Utara yang tutup usia 71 tahun menghadap Allah SWT dengan tenang pada Jum'at, 3 September 2021 pukul 04.20 WIB di rumah duka di dusun yang disebutkan di atas.

Mengenal seorang Andak Dolah panggilan akrab dari H Abdullah adalah sebuah hal yang sangat banyak manfaat seakan tiada ditemukan mudharat.

Almarhum hingga akhir hayat adalah Ketua Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kecamatan Rupat Utara juga Ketua NU di kecamatan ini.

Mulai mengenal almarhum sekitar tahun 2016 silam dalam acara Ritual Mandi Safar. Bergantinya waktu, silaturahmi terus terpupuk meskipun jarang bersua, setidaknya berbagai informasi tentang kegiatan seni budaya yang telah terlaksana maupun masih rencana.

Mandi Safar yang telah masuk agenda nasional rutin dilakukan. Kala itu, almarhum Andak Dolah bersama kawan-kawan di LAMR Kecamatan Rupat Utara sibuk melakukan persiapan, sibuk dalam pelaksanaan yang diharap lancar membawa sukses. Plt Gubernur Riau, Aryadjuliandi Rahmad pada Desember 2015 silam kala itu masa Pj Bupati Ahmadsyah Harrofie menghadiri acara ini.

Sekitar tahun 2018 almarhum mencetus agenda tingkat kecamatan, lomba berbagai bidang seni budaya. Selain itu, di wadah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Rupat Utara mencetus pelatihan imam, Khotib dan bilal.

"Beliau ini merupakan bagian dari orang tua kami di Kecamatan Rupat Utara. Kita masyarakat sangat berduka dengan kepergian beliau karena beliau adalah salah satu tempat kami mencari tunjuk ajar mencari informasi-informasi yang perlu kita pecahkan bersama. Mudah-mudahan beliau Husna Khotimah, diterima segala amal kebaikannya di sisi Allah SWT," kata Camat Rupat Utara, Agus Sofyan kepada potretnews.com, Jum'at (3/9/2021).

"Pada intinya, masyarakat Rupat Utara kehilangan sosok yang menjadi panutan dan tauladan," kata Camat Agus Sofyan di akhir wawancara via telpon petang tadi.

Di kesempatan terpisah, "Kita kehilangan sosok tauladan. Beliau selama ini menjadi sosok yang mampu mengayomi memberikan tunjuk ajar yang setiap langkahnya menjadi contoh tauladan bagi generasi muda khususnya anak-anak muda Melayu," kata Katib Syariah NU Kabupaten Bengkalis, H Muhammad Sidik kepada media ini, Jum'at malam tadi.

Pantauan jurnalis media ini yang bertakziah ke rumah almarhum bersama rombongan anak kedua almarhum yang dijemput menggunakan biar milik BUMDes Amanah Teluk Rhu dengan perjalanan Perapat Tunggal Bengkalis ke depan rumah almarhum hanya sekitar 2 jam, semua proses fardhu kifayah mulai memandikan yang dilaksanakan bakda Jum'at, mengafankan, mensholatkan pada pukul 13.38 WIB, menguburkan serta membaca talkin yang dipimpin Rudi Kamaruddin juga sangat lancar sehingga berakhir tepat pukul 14.25 WIB.

Setelah pelayat dan pengantar pulang, di bawah tenda kecil berkumpul anak cucu almarhum yang rumah papannya berwarna kuning dengan pohon yang tidak lagi rindang, mengaji yang sesekali terdengar isak tangis yang sebenarnya jurnalis media ini melihat dengan mata lain almarhum juga menangis kala anak keduanya tiba di depannya menumpah air mata.

Selamat jalan Andak Dolah, engkau orang baik pergi di waktu dan hari baik. Semoga kebaikan itu mengisi diri kita semua. Wallahu'Alam Bissawab ***

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww