Home > Berita > Umum

Umri Gandeng Perusahaan Startup Asli Pekanbaru Bimbing Mahasiswanya Latih Berbisnis

Rabu, 01 September 2021 08:20 WIB
Widya Paramitha
umri-gandeng-perusahaan-istartupi-asli-pekanbaru-bimbing-mahasiswanya-latih-berbisnisSuasana pelatihan bisnis dan kewirausahaan yang digelar Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) di Pekanbaru pada Selasa (31/8/2021).

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Sebagai perguruan tinggi yang juga fokus pada pembentukan entrepreneur muda, Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) memberikan pelatihan bisnis dan kewirausahaan kepada mahasiswanya, Ballroom Hotel Labersa, Pekanbaru pada Selasa (31/8/2021).

Dengan tema ”Membangun Perusahaan Rintisan (startup) Digital" sebagai rangkaian dalam pelatihan soft skill, Umri menggandeng perusahaan rintisan asal kota Pekanbaru yakni Meetup Co-working and Office Space.

Wakil Rektor 1 Umri, Sri Fitria Retnawaty SSi MT dalam sambutannya mengatakan bahwa landskap ekonomi saat ini telah berubah. ”Kurikulum perkuliahan wirausaha yang kita rancang harus beradaptasi dengan model bisnis era saat ini. Sehingga diharapkan pelatihan startup digital hari ini bisa menghasilkan entrepreneur digital dari Umri,” jelasnya.

Sementara itu, Shiella Priscilla selaku CEO MeetUp Co-working dan Office Space yang turut jadi pembicara dalam pelatihan tersebut menyebutkan bahwa Pekanbaru memiliki potensi besar dalam mencetak wirausahawan di perusahaan rintisan berbasis digital.

”Anak muda saat ini punya keinginan untuk bekerja dan dapat memberi nilai kepada orang banyak,” tuturnya. Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa startup bermula dari kejelian dan kepekaan anak muda terhadap masalah yang dihadapi oleh masyarakat, lalu memberi solusi dengan memanfaatkan sumber daya yang terdekat.

Pada pelatihan itu, dilanjutkan dengan simulasi presentasi dari perwakilan mahasiswa sebanyak 20 orang. Mahasiswa mempresentasikan ide bisnisnya untuk menarik rekan yang lain untuk bergabung. Setelahnya, ada 10 ide bisnis yang terbaik untuk dapat dikembangkan sebagai perusahaan rintisan (startup) yang nantinya akan dibina oleh para dosen. Peserta bergabung dalam 10 kelompok untuk berdiskusi mengimplementasikan ide bisnis tersebut. ***

Kategori : Umum, Riau
wwwwww