Home > Berita > Umum

Warga Riau Diimbau Pakai Masker Dua Lapis, Covid-19 Varian Delta Sudah Masuk ke Wilayah Ini

Warga Riau Diimbau Pakai Masker Dua Lapis, Covid-19 Varian Delta Sudah Masuk ke Wilayah Ini
Rabu, 25 Agustus 2021 09:17 WIB

RIAU, POTRETNEWS.com — Covid-19 varian Delta ternyata sudah masuk ke Riau. Enam orang yang terinfeksi Varian Delta tersebut berasal dari Kota Pekanbaru, Kabupaten Siak dan Bengkalis. Dua pasien Covid-19 yang terpapar Varian Delta dilaporkan meninggal dunia. Covid-19 Varian Delta dikenal lebih cepat menular dan juga mematikan.

Varian Delta ini bisa menular hingga ke 10 orang. Sebab itu, masyarakat harus lebih disiplin lagi dalam menerapkan protokol kesehatan. Juru Bicara Satgas Percepatan penanganan COVID-19 Riau, dr Indra Yovi meminta masyarakat untuk menggunakan masker dobel untuk mengantisipasi terpapar Covid varian Delta. Selain itu, masyarakat juga harus menjaga jarak, mencuci tangan dan menghindari kerumunan.

"Gunakan masker bedah dua lapis. Gunakan masker bedah di dalam, kemudian masker kain diluar," ujar Yovi, melansir Tribunnews.com.

Namun, masyarakat tidak perlu menggunakan masker dobel jika telah menggunakan masker N95. Sebab, masker N95 mampu menyaring partikel aerosol sampai 95 persen. Masker N95 diprioritaskan untuk petugas kesehatan atau orang yang berdiri di garda depan untuk menanggulangi wabah Covid-19. Masker dengan perlindungan tinggi ini dirancang bisa sangat rapat saat digunakan. N95 dilengkapi dengan fitur ikat kepala elastis, dan segel logam yang bisa disesuaikan di atas hidung.

"Namun khusus untuk masker, jika masyarakat menggunakan masker bedah, maka harus dua lapis. Yakni masker bedah didalam, kemudian masker kain diluar. Kecuali jika menggunakan masker N95, cukup satu lapis saja," kata Yovi.

Untuk mendeteksi varian Delta, Pemprov Riau sudah mengalokasikan anggaran untuk pembelian alat penguji virus varian delta. Alat tersebut dikenal dengan nama Whole Genome Sequencing (WGS). ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum
wwwwww