Kwarcab Bengkalis Gelar Beberapa Kegiatan di Hari Jadi ke-60 Gerakan Pramuka

Kwarcab Bengkalis Gelar Beberapa Kegiatan di Hari Jadi ke-60 Gerakan Pramuka
Rabu, 18 Agustus 2021 17:20 WIB
Junaidi Usman

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — 14 Agustus 2021, usia Pramuka, Praja Muda Karana genap 60 tahun. Tahun ini, Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka 0404 Bengkalis menaja beberapa agenda kegiatan diantaranya bakti sosial pembagian masker yang telah dilaksanakan pada 14 Agustus kemarin.

Hari ini Rabu, 18 Agustus 2021 pula dilaksanakan upacara peringatan yang diikuti jumlah peserta upacara yang terbatas dikarenakan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) masih berlangsung sehingga protokol kesehatan (Prokes) diterapkan dalam kegiatan yang dimulai sekitar pukul 08.35 WIB bertempat di Lantai 4 Kantor Bupati Bengkalis, Jalan A Yani.

Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab), Kak Kasmarni dalam kesempatan upacara yang diikuti seluruh Kwartir Ranting (Kwaran) di Kwarcab Bengkalis secara virtual ini membacakan sambutan Kakwarnas mengungkapkan, "Sekalipun sesungguhnya, gerakan pendidikan kepramukaan di Indonesia berusia jauh lebih tua, namun sejak 60 tahun lalu kita tidak lagi terpecah- pecah, melainkan menyatu dalam satu wadah yang disebut Gerakan Pramuka. Karenanya, peringatan Hari Pramuka adalah wujud dari rasa syukur kita kepada Allah Tuhan Yang Maha Esa atas nikmat dan berkah persatuan dalam wadah tunggal, Gerakan Pramuka," kata Kak Komjen Pol (Purn) Drs Budi Waseso yang dibacakan Kak Kasmarni, Rabu (14/8/2021) pagi.

Diungkapkan Kakwarnas, gerakan pendidikan kepramukaan masuk ke Indonesia pada 1912. Pada saat itu, Indonesia masih dalam jajahan bangsa lain. Namun semangat kemerdekaan, membuat para pramuka yang saat itu disebut pandu, ikut pula berperan mewujudkan kemerdekaan Republik Indonesia.

Setelah Indonesia merdeka, 17 Agustus 1945, ternyata masih terdapat cukup banyak organisasi kepramukaan. Hal tersebut menyebabkan Presiden Soekarno dibantu Pandu Agung Sri Sultan Hamengku Buwono IX dan sejumlah tokoh lainnya, menyatukan dalam wadah Gerakan Pramuka yang akhirnya melalui Keputusan Presiden RI Nomor 238 Tahun 1961, ditetapkan bahwa Gerakan Pramuka merupakan satu- satunya wadah gerakan pendidikan kepramukaan di Indonesia.

"Pandemi Covid- 19 yang telah berlangsung sejak setahun lalu, membuat kita harus disiplin menahan diri, prihatin dan berusaha membantu menanggulangi pandemi tersebut. Itulah sebabnya, tema Hari Pramuka dan peringatan 60 Tahun Gerakan Pramuka adalah “Pramuka berbakti tanpa henti dalam memasuki adaptasi kebiasaan baru dengan kedisiplinan dan kepedulian nasional”. Sementara slogan yang merupakan inti tema tersebut adalah “Pramuka Berbakti Tanpa Henti”. Keputusan Kwartir Nasional No. 094 Tahun 2021. Hal ini bukan berarti pada bulan-bulan lain Pramuka tidak mengadakan kegiatan bakti kepada masyarakat. Sudah jelas slogan kita “Berbakti Tanpa Henti”. Namun khusus di bulan Agustus, semua kegiatan bakti tersebut ditingkatkan, dilipatgandakan dan dimasifkan," terang Kakwarnas.

Kepada seluruh anggota Pramuka, Kak Budi Waseso mengajak agar tak boleh menyerah dan berputus asa. Justru tantangan yang ada harus kita sikapi dengan semangat seorang pramuka untuk pantang berputus asa dan tetap rela menolong serta tabah. Bentuk satuan tugas untuk membantu menanggulangi Covid-19. 8erbagai hal telah dilakukan, mulai pembagian alat pelindung diri, melaksanakan vaksinasi untuk anggota Gerakan Pramuka, dan lainnya

"Saya juga mengajak kakak-kakak dan adik-adik untuk terus berkegiatan kepramukaan, tentunya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Salurkan kreativitas kakak-kakak dan adik-adik dengan membuat kegiatan kepramukaan yang tak melanggar protokol kesehatan, namun tetap dapat diikuti dengan riang gembira. Tetap berkegiatan kepramukaan akan menumbuhkan semangat, yang juga meningkatkan imunitas kita. Hal yang juga penting dalam menjaga kesehatan kita, terutama di masa pandemi Covid-19 ini. Mari kita peringati 60 Tahun Gerakan Pramuka ini dengan tetap bersemangat, tetap berusaha hidup sehat dengan mematuhi protokol kesehatan, dan tetap berusaha membantu mereka yang memerlukan pertolongan kita. Jangan pernah menyerah serta berputus asa. Melainkan kita tunjukkan bahwa pramuka dapat terus bergiat dan berbakti tanpa henti," kata Kak Budi Waseso di akhir sambutannya.

Bupati Bengkalis, Kasmarni dalam acara yang berlangsung kurang lebih satu jam ini menyerahkan Penghargaan Melati dari Kwarnas kepada 5 orang anggota Pramuka Dewasa dan Penghargaan Pancawarsa dari Kwarda Riau kepada 27 anggota Pramuka Dewasa di Kwarcab Bengkalis.

"Kami Pemerintah Kabupaten Bengkalis mengucapkan selamat ulang tahun keenam puluh untuk Pramuka se-Indonesia. Kami berharap dalam pandemi Covid-19 ini kita tetap berusaha melakukan kegiatan-kegiatan dan jangan putus asa, teruslah semangat, pantang menyerah. Hidup jaya Pramuka tetap di tangan-tangan kita semua kakak-kakak, adik-adik pengurus baik di tingkat bawah sampai ke tingkat atas. Semoga kita tetep Istiqomah agar Pramuka semakin jaya, semakin baik lagi ke depannya," kata Kamabicab Kak Kasmarni kepada potretnews.com, setelah selesainya acara.

Kepada kakak-kakak penerima penghargaan yang bernilai apresiasi, Kak Kasmarni berpesan, "Meraih itu lebih susah daripada mempertahankan, jadi tetap pertahankan dengan melakukan kegiatan-kegiatan. Bagi yang belum menerima penghargaan, berjuanglah, berusahalah karena semuanya mendapatkan kesempatan yang sama. Selamat kepada seluruh Pramuka Indonesia," ucap Kak Kasmarni di akhir wawancara.

Setelah bakti sosial dan upacara peringatan Hari Jadi Ke-60, agenda dilanjutkan dengan ziarah ke makam pahlawan, Kusuma Kesatria di Jalan Pramuka Desa Air Putih.

"Pertama sekali saya mengucapkan selamat hari jadi Pramuka ke 60 tahun 2021. Terkait dengan kegiatan yang telah dilaksanakan tadi pagi yang sebagai pembina upacaranya adalah Ketua Mabicab kita Ibuk Bupati Bengkalis dan dihadiri oleh Forkompinda, kakak-kakak pengurus Kwarcab Bengkalis dan diikuti seluruh Kwaran se-Kabupaten Bengkalis," kata Kakwarcab Kak Bustamai HY kepada media ini sesaat setelah tabur bunga dan pemberian penghormatan di tangga masuk lokasi makam.

Masih kata Kak Bustami, kegiatan gotong royong juga telah dilaksanakan. "Dan terakhir pada 26 Agustus ini kita akan mengadakan kegiatan donor darah pengurus Kwarcab Bengkalis bertempat di Bumi Perkemahan (Buper) Pawang Perkasa Jalan Assalam Kelapapati Darat," terang Kak Bustami di akhir wawancara yang kala itu cuaca gerimis. ***

Kategori : Bengkalis, Umum
wwwwww