Home > Berita > Umum

Dapat Dana Rp275 Juta dari Kemendikbud, Politeknik Bengkalis Latih Mahasiswanya Berwirausaha

Dapat Dana Rp275 Juta dari Kemendikbud, Politeknik Bengkalis Latih Mahasiswanya Berwirausaha

Kasmawi,MKom selaku dosen pembimbing saat memberikan sambutan acara Grand Opening Kios Pintar Capcin, Kamis (12/8/2021) petang kemarin.

Jum'at, 13 Agustus 2021 16:08 WIB
Junaidi Usman

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Sekarang ini, seorang mahasiswa selain harus berupaya mendapatkan nilai akademik terbaik juga harus bisa mengembangkan jiwa kewirausahaan.

Program kewirausahaan mahasiswa yang hadir sejak 2012 silam ini mendapatkan support dana dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia dan ada juga program kampus, salah satunya Politeknik Negeri Bengkalis.

Usaha Kios Pintar Capcin yang merupakan Program Wirausaha Mahasiswa Vokasi (PWMV) program dimaksud di atas di-Grand Opening oleh Wakil Direktur III (Wadir III) bidang Kemahasiswaan, Akmal Indra,SPd,MT pada Kamis, 12 Agustus 2021 petang.

"Ini adalah salah satu program dari Kemendikbud, Program Wirausaha Mahasiswa Vokasi. Mudah-mudahan kegiatan ini bisa berlanjut nantinya dan sukses," kata Dosen Pembimbing, Kasmawi,MKom dalam kata sambutan singkatnya saat Grand Opening cafe yang tepat berada di Rumah Jabatan Sekda Bengkalis, Kamis (12/8/2021) petang.

"Di tahun 2021 ini kita memperoleh pendanaan sebanyak 26 proposal yang didanai oleh Kemendikbud dengan total lebih kurang Rp275 juta. Alhamdulillah ini akan menjadikan wirausaha mahasiswa khususnya mahasiswa Politeknik Negeri Bengkalis. Wirausaha ini diharapkan tidak hanya bertahan hanya sebentar harus berlanjut, nantinya bisa dilanjutkan adik-adik tingkatnya," harap Wadir III, Akmal Indra.

Kepada 4 mahasiswa yang mengelola usaha ini, Indra Akmal berpesan bisa belajar bagaimana berwirausaha. "Wirausaha itu, entrepreneur itu bagaimana nantinya kios ini berkembang. Misalnya tahun ini kiosnya seperti ini lalu tahun berikutnya apakah isinya akan bertambah atau lokasinya yang berkembang (membuka cabang baru). Seperti ini harapan kami kedepannya. Kami sangat mengucapkan terima kasih kepada Bapak Kasmawi yang telah membimbing sejak awal mulai pembuatan proposal sampai menukang (membuat kios)pun Pak Kasmarni juga. Begitulah perhatian pembimbing terhadap kegiatan ini. Kita sangat suport sekali dengan kegiatan kewirausahaan mahasiswa. Kegiatan ini mudah-mudahan di tahun berikutnya kegiatan ini akan bertambah baik itu dari segi jumlah maupun dari segi pendanaan. Diharapkan juga ke depannya bagaimana bisa meregenerasi pengalaman Anda ke adik-adik tingkat. Mari kita berwirausaha," ajak Wadir III Akmal Indra.

Wadir I bidang Akademik, Armada yang turut hadir memberikan apresiasi atas rancangan dan membangun Kios Pintar Capcin. "Mudah-mudahan cafe mini berjalan dengan sukses. Diharapkan kedepannya cafe ini menjadi wadah bagi adik-adik semua untuk mengimplementasikan ilmu kewirausahaan yang selama ini sudah dipelajari. Saya yakin di semua program studi (Prodi) secara akademik itu sudah menyusun suatu kurikulum salah satu mata kuliahnya adalah kewirausahaan. Maka jadikanlah cafe mini sebagai laboratorium lapangan langsung bagi adik-adik semua bagaimana mengimplementasikan ilmu yang sudah dipelajari itu untuk diterapkan. Dan harapannya bisa mengembangkan usaha ini kedepannya. Terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terealisasinya rencana wirausaha ini. Semoga wirausaha ini menjadi contoh bagi masyarakat di dalam menggairahkan ekonomi dan tidak melupakan kondisi Covid-19 yang ada saat ini karena kita sebagai insan kampus diharapkan menjadi contoh bagaimana menggerakkan ekonomi dengan tidak mengabaikan prokes Covid-19. Selamat, terima kasih kepada semuanya kepada dosen pembimbing kepada rekan-rekan mahasiswa yang sudah menjalankan salah satu program kementerian yaitu program wirausaha mahasiswa vokasi semoga sukses," ungkap Wadir I Armada.

Kios Pintar Capcin diketuai oleh Mella Nadiatul Husna yang merupakan mahasiswi jurusan Teknik Informatika Prodi D4 RPL dibantu Nur Aisyah, dari jurusan Bahasa Inggris Prodi D4 BISPRO, Fitri Catur Utami jurusan Teknik Informatika Prodi D4 RPL dan Ikmal jurusan Teknik Informatika Prodi D4 KSI yang bunda tercintanya baru meninggal dunia pada Selasa kemarin.

Di kios ini, bagi tamu penikmat makanan minuman yang HP-nya kehabisan baterai bisa duduk santai di 8 kursi yang tersedia sambil ngecas. Selain itu, kios ini juga menjual pulsa/ vocer serta token listrik.

Setelah selesainya acara, 4 mahasiswa tadi menyuguhkan minuman yang dipesan para dosen. Awak media ini memesan minuman milo yang rasanya membawa awak media ini seakan berada di Malaysia menikmati rasa yang sangat mirip dan sungguh nikmat.

Dua mahasiswi kakak tingkat mereka juga memuji minuman dingin yang dipesan. Pujian juga datang dari Wadir III Akmal Indra yang mengaku sesuai seleranya, kafein terasa karena takaran airnya pas yang kala itu memesan Good Day Cappucino sama pesanan Alkadri Perdana yang juga merasa puas rasa manis yang pas dan air yang mendidih jadi enak dinikmati. Sedangkan, Wadir bidang Akademik, Armada mohon pamit sebab ada agenda yang menunggunya. ***

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww