Seorang Mahasiswa Tingkat Akhir di Aceh Lumpuh setelah Vaksinasi, Dokter Bilang akibat Psikosomatis

Seorang Mahasiswa Tingkat Akhir di Aceh Lumpuh setelah Vaksinasi, Dokter Bilang akibat Psikosomatis
Rabu, 04 Agustus 2021 10:13 WIB

BANDA ACEH, POTRETNEWS.com — Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat Syarifah Junaidah menjelaskan bahwa seorang mahasiswi yang lumpuh setelah disuntik vaksin Sinovac diduga mengalami psikosomatis. Psikosomatis adalah keluhan fisik yang timbul atau dipengaruhi oleh pikiran atau emosi. Gangguan psikosomatis bisa berasal atau diperburuk oleh stres dan rasa cemas.

“Jadi, dugaan sementara pasien mengalami psikosomatis, artinya banyak cemas atau pikiran yang berlebihan setelah mendapatkan vaksinasi,” kata Syarifah Junaidah di Meulaboh, seperti dikutip dari Antara, Selasa (3/8/2021).

Sebelumnya, Amelia Wulandari, seorang mahasiswi tingkat akhir di Fakultas Hukum Universitas Syiah (USK) Kuala Banda Aceh, dirawat di RSUD Cut Nyak Dhien Meulaboh pada Minggu (1/8/2021), melansir Kompas.com.

Amelia mengalami gejala lumpuh setelah mendapatkan vaksinasi Covid-19 oleh tenaga kesehatan. Awalnya, Amelia dirawat di Rumah Sakit Swasta Montella Meulaboh. Namun, karena kondisinya memburuk, dia dirujuk ke RSUD Cut Nyak Dhien Meulaboh.

Meski demikian, menurut Syarifah, belum bisa dipastikan secara pasti mengenai penyebab kelumpuhan. Menurut dia, untuk bisa memastikan penyebab seseorang lumpuh harus melalui uji laboratorium dan pemeriksaan lebih lanjut.

“Jadi, kami belum bisa pastikan apakah lumpuh ini karena vaksin atau faktor lain. Masih perlu pendalaman lebih lanjut secara medis,” kata Syarifah.

Pihak Dinkes bersama dokter di RSUD Cut Nyak Dhien Meulaboh masih terus melakukan pemantauan dan pemberian obat-obatan kepada pasien, sehingga diharapkan kondisi pasien Amelia Wulandari semakin membaik.Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi. Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.Kita peduli, pandemi berakhir!***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Hukrim
wwwwww