Ajakan Wali Kota Pekanbaru ke Anak Buahnya agar Ikut Bantu Warga Terdampak PPKM ”Dicuekin”

Ajakan Wali Kota Pekanbaru ke Anak Buahnya agar Ikut Bantu Warga Terdampak PPKM ”Dicuekin”
Kamis, 29 Juli 2021 13:30 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — 1Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemko Pekanbaru ogah berdonasi untuk membantu penanganan Covid-19. Donasi dari para Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk penanganan covid-19 masih belum terhimpun hingga, Rabu (28/7/2021). Rencananya donasi yang ada dihimpun di BPBD Kota Pekanbaru.

"Saat ini masih belum terkumpul, kita sifatnya menunggu donasi yang ada," terang Sekretaris BPBD Kota Pekanbaru, Maisel Fidayesi kepada Tribunpekanbaru.com, Rabu sore.

Menurutnya, BKPSDM Kota Pekanbaru menyurati BPBD Kota Pekanbaru sebagai OPD yang menghimpun donasi dari para ASN. Ia menyebut bahwa pihaknya membuka rekening khusus untuk menghimpun donasi para ASN.

"Bagi yang hendak donasi, bisa tranfer ke rekening khusus," paparnya.

Maisel menyebut bahwa donasi ini sukarela dari para ASN. Ia menegaskan tidak ada paksaan untuk donasi dalam membantu penanganan covid-19. Sebelumnya, Wali Kota Pekanbaru, Firdaus mengajak para ASN di lingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru agar ikut berdonasi untuk membantu masyarakat yang terdampak kebijakan PPKM Level 4.

Ia menilai kebijakan PPKM level 4 ini tentu berdampak untuk aktivitas ekonomi. Dirinya sudah mengimbau jajaran ASN di lingkungan pemerintah kota dan BUMD milik pemerintah kota lewat surat imbauan. Imbauan ini agar jajaran ASN dan manajemen BUMD pemerintah kota bisa berdonasi.

Ada sejumlah poin dalam surat imbauan tersebut. Ia mengingatkan agar para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bisa mengkoordinir seluruh ASN di lingkungan OPD masing-masing.

Mereka bisa berdonasi dalam Gerakan ASN Pekanbaru Peduli dengan cara menyumbangkan sebagian dari gajinya untuk masyarakat. Donasi ini nantinya disalurkan kepada masyarakat terdampak kebijakan PPKM Level 4.

Firdaus juga mengimbau agar Seluruh Direktur Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kota Pekanbaru mengkordinir seluruh pegawai di lingkungan kerjanya. Mereka bisa berpartisipasi menyumbangkan sebagian dari gajinya untuk masyarakat terdampak kebijakan PPKM Level 4. Komunitas Aksi Kamisan Pekanbaru Salurkan Sembako.

Masyarakat terdampak Pandemi Covid-19 kini berjuang untuk mendapatkan penghidupan, selain mendapatkan bantuan dari pemerintah, bantuan juga diberikan sesama masyarakat.Gotong royong membangkitkan ekonomi masyarakat juga dilakukan oleh sesama warga Kota Pekanbaru. Memberikan bantuan sembako dan donasi untuk mereka yang membutuhkan karena terdampak pandemi dilakukan oleh sekelompok pemuda di pekanbaru.

Adalah komunitas Aksi Kamisan Pekanbaru yang memberi bantuan kepada warga yang membutuhkan, yang perekonomiannya terdampak Pandemi Covid-19.

"Kriterianya yaa masyarakat yang terdampak selama pademi ini, terus mahasiswa rantauan, pedagang kaki lima dan buruh yg di phk terus perempuan yang menghidupi anak-anaknya, atau Single Parent," ungkap Cici Rifmayanti kepada Tribunpekanbaru.com, Rabu (28/7/2021).

Sekelompok anak muda di Kota Pekanbaru ini berhimpun untuk mencoba membantu meringankan beban ekonomi warga terdampak Pandemi Covid-19. Sembako dan donasi uang dikumpulkan dari donatur untuk kemudian disalurkan kepada warga yang membutuhkan.Komunitas ini didirikan sejak tahun 2020 silam, sejak awal Pandemi melanda Indonesia.

"Sjak itu kami membuka donasi bagi para donatur yang ingin membantu meringankan bebam sesama warga di Pekanbaru, bisa donasi uang dan barang, Sembako," sebutnya.

Komunitas ini rajin menyambangi pedagang kaki lima, petugas penyapu jalan, hingga single parent yang bebanya semakin berat di saat pandemi.

"Mereka merupakan orang yang terdampak langsung Pandemi ini, pendapatan mereka tidak menentu, ini jadi target kami untuk dibantu," lanjutnya, melansir Tribunnews.com.

"Kami membutuhkan donasi sebanyak-banyaknya untuk membantu dan meringankan beban sesama masyarakat. Donasi barang, sembako bisa langsung menghubungi kami," ujar Cici melanjutkan.

Komunitas Aksi Kamisan Pekanbaru membuka donasi berupa uang sumbangan ke rekening, Bank Mandiri A.n Wira Tri Ananda / 1080-0216-5596-5 Bank BRI A.n Cici Rifmayanti / 1079-0102-6416-506 Bank BCA A.n Hafidz Assadiq Situmeang / 0343-2681-46.Saat menyalurkan bantuan juga dimanfaatkan komunitas ini untuk mengedukasi warga untuk tetap menerapkan Protokol Kesehatan guna menekan angka penularan Covid-19.

"Kita mencoba sama-sama membantu dalam kondisi sulit seperti sekarang, dan kita sama-sama berdoa semoga pandemi ini segera berlalu. Kita juga menyampaikan kepada warga untuk selalu menerapkan Protokol kesehatan, mengenakan masker, dan tidak berkerumun," harapnya. ***

Editor:
Akham Sophian

wwwwww