Home > Berita > Riau

Triwulan Kedua, Pemprov Riau Sudah Habiskan Rp50 Miliar untuk Penanganan Covid-19

Triwulan Kedua, Pemprov Riau Sudah Habiskan Rp50 Miliar untuk Penanganan Covid-19

Ilustrasi/INTERNET

Selasa, 27 Juli 2021 17:23 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Pemerintah Provinsi Riau menyiapkan anggaran untuk penanganan Covid-19 sebesar Rp139 miliar. Namun sayang hingga triwulan kedua ini realisasi anggaran penanganan Covid-19 sudah mencapai 36,09 persen atau sebesar Rp50,2 miliar.

"Realisasi anggaran penanganan Covid-19 di Riau tidak rendah, realisasinya cukup tinggi lebih dari 15 persen," kata Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar, Selasa (27/7/2021).

Anggaran untuk penanganan Covid-19 yang sudah disiapkan oleh pemerintah daerah tersebut diperuntukan ke tiga bidang. Pertama digunakan di bidang kesehatan untuk penanganan Covid-19. Kemudian kedua untuk pemulihan ekonomi dan ketiga adalah untuk jaring pengaman sosial.

Meski diklaim realisasi anggaran Covid-19 di lingkungan Pemprov Riau sudah cukup tinggi, namun diakui Gubri Syamsuar sejumlah daerah di Riau masih ada realisasi penanganan Covid-19 yang masih rendah.

”Yang realisasinya rendah itu di kabupaten/kota. Tentu ini berpengaruh terhadap Riau. Kendalanya kalau kita lihat mereka lambat melakukan pergeseran-pergeseran anggaran,” ujarnya, dilansir tribunnews.com .

Berbeda dengan Pemprov Riau yang dengan cepat melakukan pergeseran anggaran. Sehingga penanganan Covid-19 bisa dilakukan secara maksimal. ”Kalau kita (Pemprov) cepat, karena kita butuh uang untuk kebutuhan penanganan Covid-19 sesuai arahan pusat,” katanya.

Gubri Syamsuar menegaskan, jika pergeseran anggaran lambat dilakukan, kondisi ini tidak hanya berdampak terhadap lambatnya dalam penanganan Covid-19, namun juga berdampak terhadap penggunaan anggaran di masing-masing OPD.

”Kalau pergeseran lambat, maka dinas yang akan menggunakan anggaran itu untuk penanganan Covid-19 juga lambat. Makanya kemarin ada pertemuan dalam rangka menindaklanjuti itu. Jadi kita sudah sampaikan ke bupati/wali kota agar segera melakukan pergeseran," katanya.

Sementara Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Riau, Indra SE mengatakan, pihaknya telah melakukan refocusing dan realokasi Dana Alokasi Umum atau DAU sesuai arahan pusat untuk penanganan Covid-19.

"Anggaran dukungan penanganan Covid-19 kita dari refocusing dan realokasi DUA sebesar Rp139 miliar, dan saat ini realisasinya mencapai 36,06 persen," katanya. Indra menyampaikan, anggaran dukungan penanganan Covid-19 sebesar Rp139 miliar itu jika dipersentasekan 9,57 persen.

"Artinya sudah terpenuhi refocusing dan realokasi 8 persen yang dari DAU itu. Arahan pusat minimalnya itu 8 persen, kita terpenuhi 9,57 persen," pungkasnya. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Riau, Umum
wwwwww