Home > Berita > Umum

Jauh-Jauh dari Pekanbaru, DMDI Riau Sembelih Hewan Kurban di Kampung Mualaf di Desa Jangkang Bengkalis

Jauh-Jauh dari Pekanbaru, DMDI Riau Sembelih Hewan Kurban di Kampung Mualaf di Desa Jangkang Bengkalis
Sabtu, 24 Juli 2021 13:27 WIB
Junaidi Usman

BANTAN, POTRETNEWS.com — Di hari terakhir masa penyembelihan hewan qurban (hari Tasyrik), tepatnya 13 Zulhijah 1442 Hijriyah, pengurus Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) Riau melakukan pemotongan satu ekor sapi qurban untuk warga Kampung Mualaf di Desa Jangkang, Kecamatan Bantan, Bengkalis, Jumat (23/7/2021).

Rombongan yang dipimpin Ketua Umum DMDI Riau Datok Ir Ajis bin Manap tiba di Kampung Mualaf pada Kamis sore (22/7/2021) di malamnya langsung menginap di Rumah Mualaf di Desa Jangkang dan pada Jumat pagi (23/7/2021) langsung melakukan penyembelihan hewan qurban yang dilakukan oleh Wakil Ketua DMDI Riau Abu Kasim SAg dan disaksikan Sekjen DMDI Riau H Taslim MA dan pemgurus serta keluarga mualaf..

“Alhamdulillah pelaksanaan penyembelihan hewan qurban sumbangan dari Presiden DMDI Malaysia, Datok Ali Rustam yang juga Ketua Menteri Melaka berjalan lancar dan dagingnya sudah kami distribusikan untuk 50 kepala keluarga mualaf di Kecamatan Bandan dan Kecamatan Bengkalis,’’ ujar Ajis.

Ia menyebutkan, untuk tahun ini DMDI Riau memotong 3 ekor sapid an 1 ekor kambing dan sudah dilaksanakan semua dan mudah-mudahan tahun depan DMDI Riau bisa melaksanakan qurban di tempat-tempat yang tidak ada pelaksanaan quran.

‘’Ya di kompleks rumah mualaf Jangkang ini juga tidak ada penyembelihan hewan qurban, maka kami bersyukur dari Pekanbaru bisa datang langsung ke Kampung Mualaf di Desa Jangkang,’’ ujarnya.

Sedangkan Ketua Kelompok Bimbingan Mualaf Kecamatan Bantan, Ustaz Muslim juga menyampaikan rasa haru dan bangga. Karena DMDI Riau, jauh-jauh dari Pekanbaru melaksanakan pemotongan hewan qurban di rumah mualaf desa Jangkang.

‘’Ini merupakan kebanggaan bagi kami, khususnya bagi mualaf di Jangkang. Karena ini merupakan syiar Islam, tentunya menjadi pelajaran yang berharga bagi mualaf di Kabupaten Bengkalis,”katanya.

Muslim mengharapkan, tahun depan tidak hanya DMDI Riau yang jauh-jauh dari Pekanbaru memperhatikan mualaf di pulau Bengkalis, namun umat Islam yang mampu atau masjid-masjid di perkotaan yang memotong hewan qurbannya berlebih, maka alangkah baiknya jika di sumbangkan buat mualaf.

‘’Di dua dusun di Desa Jangkang saja ada yang tidak melakukan pemotongan hewan qurban, yakni Masjid Al-Jihada dan Musala Nurul Huda. Tentunya kami sangat sedih, pada saat umat Islam lain bergembira merayakan Idul Adha, dan kami di sini hanya diam di rumah saja,”tutupnya.(rilis) ***

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww