Satu Keluarga Datangi RSUD Bengkalis, tak Terima Almarhum Juki Dinyatakan Positif Covid-19

Satu Keluarga Datangi RSUD Bengkalis, tak Terima Almarhum Juki Dinyatakan Positif Covid-19

Ahli waris dan keluarga almarhum Juki saat menyampaikan rasa kecewa kepada Kasat Sabhara AKP Basuki Yuniarto, Selasa (13/7/2021) tengah malam pukul 23.55 WIB.

Rabu, 14 Juli 2021 15:40 WIB
Junaidi Usman

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Tidak terima almarhum dinyatakan positif Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) pada Selasa, 13 Juli 2021 malam, ahli waris mendatang RSUD Bengkalis.

Pasien atas nama Juki, warga Desa Pangkalan Batang Barat Bengkalis Riau ini diperjuangkan ahli waris untuk melaksanakan proses fardhu kifayah di rumah duka karena sebelum menghembuskan nafas terakhir telah berulang kali berobat ke RSUD tadi atas beberapa penyakit komplikasi diantaranya cuci darah.

Tapi hasil swab antigen yang dilakukan medis sebagaimana dilihatkan seorang dokter kepada jurnalis potretnews.com, almarhum positif Covid-19. Sedangkan, fakta keluarga, almarhum yang baru petang harinya masuk adalah pasien dengan riwayat berobat rutin.

Karena keadaan yang kurang harmonis antara dua pihak yang saling beda pendapat dan agar fardhu kifayah bisa disegerakan, seorang Kasat Sabhara Polres Bengkalis AKP Basuki Yuniarto coba melakukan mediasi.

Setelah AKP Basuki Yuniarto menemui medis untuk memastikan hasil swab antigen almarhum Juki positif Covid-19, menjumpai pihak ahli waris dan keluarga almarhum memberikan pengertian. Alhamdulillah, setelah memberikan penjelasan dan proses mediasi tadi, maka jenazah dikebumikan pada keesokan harinya, tepatnya Rabu (14/2021) pagi.

Selain itu, jenazah tanpa dikeluarkan dari mobil boleh disholatkan di halaman Masjid Umar bin Khattab Desa Pangkalan Batang Barat memenuhi permintaan terakhir almarhum. Kemudian dikebumikan di tempat pemakaman umum (TPU) Simpang Bangkinang, Desa Pangkalan Batang.

"Ini memang tugas kami sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat salah satunya adalah problem solving (pemecahan masalah) atas permasalahan-permasalahan masyarakat yang harus kita bantu, antara masyarakat dengan pihak kesehatan. Kita sebagai moderator, sebagai penyambung, menjembatani mereka untuk menemukan titik temu yang bagus di terima oleh masyarakat dan tidak melanggar protokol kesehatan," kata Kasat Sabhara AKP Basuki Yuniarto kepada potretnews.com, Selasa (13/7/2021) tengah malam.

Kasat AKP Basuki Yuniarto hadir untuk memastikan bahwa jenazah telah mengikuti prokes dan prosedur yang ada.

Dalam kesempatan itu, Kasat Sabhara AKP Basuki Yuniarto melalui media ini menyampaikan bela sungkawa yang sedalam-dalamnya. "Kita semua harus maklumi bahwa situasi sekarang masih Covid-19, bagaimana pun juga kemaslahatan atau kesehatan masyarakat harus kita utamakan namun tidak menghilangkan rasa kemanusiaan. Sebagai manusia kita ikut prihatin dan berbela sungkawa. Mari kita sama-sama mendukung pemerintah untuk menangani masalah Covid-19 terutama memberikan pemahaman kepada masyarakat bagaimana menangani, mencegah Covid-19 ini dan kita menjaga diri kita," ajak Kasat Sabhara AKP Basuki Yuniarto di akhir wawancara. ***

Kategori : Bengkalis, Umum
wwwwww