Ini Catatan Penting dari Gubernur Riau Syamsuar kepada Bupati dan Wakil Bupati Indragiri Hulu yang baru Dilantiknya

Ini Catatan Penting dari Gubernur Riau Syamsuar kepada Bupati dan Wakil Bupati Indragiri Hulu yang baru Dilantiknya
Senin, 05 Juli 2021 14:10 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Berikut catatan penting dari Gubernur Riau Syamsuar kepada Bupati dan Wakil Bupati Inhu terpilih setelah dilantik di Pekanbaru. Gubernur Riau Syamsuar memberikan arahan dan catatan kepada Bupati dan Wakil Bupati Inhu Rezita Meylani - Junaedi Rachmat, di antaranya adalah terkait dengan penanganan Covid-19.

Gubernur Riau Syamsuar meminta kepada Bupati dan Wakil Bupati Inhu agar memaksimalkan pelaksanaan 3T yakni Testing, Tracing dan Threatmen untuk mencegah terjadinya penyebaran Covid-19.

"3T haru dijalankan dengan baik, ini adalah upaya kita untuk mempercepat pelacakan pasien Covid-19 dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19," kata Gubri Syamsuar saat memberikan pada pelantikan bupati dan Wabup Inhu di Balai Pelangi, Gedung Daerah, Senin (5/7/2021).

Selain itu Gubri Syamsuar juga meminta kepada bupati dan Wabup Inhu yang baru dilantik agar mempercepat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Inhu. Percepatan pelaksanaan vaksinasi tersebut, Gubri Syamsuar berharap bisa tercipta kekebalan komunal di wilayah tersebut sehingga penyebaran Covid-19 bisa ditekan.

"Pandemi Covid-19 ini harus menjadi perhatian kita bersama, bukan hanya Inhu saja tapi semua bupati harus serius dan ini harus menjadi perhatian utama," katanya.

Tidak hanya itu, Gubri Syamsuar juga menyampaikan arahan kepada Bupati dan Wabup Inhu yang baru dilantik melakukan pencegahan terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Riau. Sebab saat ini Riau sudah mulai masuk kemarau sehingga rawan terjadi Karhutla, khususnya di Inhu.

"Karena Riau masuk musim kemarau makan kebakaran hutan dan lahan harus dilakukan pencegahan dengan melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara membakar," katanya.

Seperti diketahui, Bupati dan Wakil Bupati Indragiri Hulu (Inhu) terpilih, Rezita Meylani - Junaedi Rachman resmi dilantik, Senin (5/7/2021). Pelantikan dipusatkan di Balai Pelangi, Komplek Gedung Daerah, Jalan Diponegoro Pekanbaru.

Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Inhu ini dilaksanakan secara terbatas. Hanya tamu undangan saja yang dapat hadir di lokasi pelantikan. Pantuan Tribun Pekanbaru tampak petugas gabungan dari Polri, TNI dan Satpol PP melakukan penjagaan di sekitar lokasi pelantikan.

Sementara di jalan akses masuk menuju ke balai pelangi tampak petugas berseragam batik memeriksa dan menanyakan setiap tamu yang akan masuk. Sejumlah tamu yang akan masuk ke lokasi pelantikan pun terpaksa harus berbalik arah karena tidak diizinkan masuk ke lokasi pelantikan.

Para tamu yang tidak diizinkan masuk ke lokasi pelantikan di Balai Pelangi ini kemudian diarahkan oleh petugas untuk menyaksikan pelantikan secara virtual melalui layar lebar yang disiapkan di Gedung Balai Pauh Janggi. Di gedung ini ratusan tamu duduk di kursi sambil menyaksikan jalanya pelantikan melalui layar lebar yang disiapkan oleh Pemprov Riau.

"Memang terbatas, Karena kita sama-sama tau sekarang kita masih dalam suasana Pandemi Covid-19 jadi mari sama-sama kita hindari kerumunan, termasuk pada acara pelantikan ini," kata Kepala Biro Pemerintahan, Setdaprov Riau, Firdaus, Senin (5/7/2021),melansir Tribunnews.com.

Bupati Termuda di Indonesia dari Riau

Terungkap sudah! Ternyata bupati termuda di Indonesia dari Riau, dia adalah wanita pertama yang jadi Bupati Inhu , siapa dia?

Sosok bupati termuda di Indonesia dari Riau itu adalah seorang wanita pertama yang jadi Bupati Inhu dan dia juga istri seorang mantan Bupati Inhu . Kita akan tahu bupati termuda di Indonesia dari Riau dan wanita pertama yang jadi Bupati Inhu itu yakni Rezita Meylani .

Di bawah akan kami beberkan biodata Rezita Meylani. Pengamat Politik Riau Panca Setyo Prihatin menyebutkan, Bupati Inhu terpilih dan Wakil Bupati Inhu terpilih , Rezita Meylani - Junaidi Rachmat tidak saja perpaduan antara pemimpin muda dengan birokrat senior, tapi juga menempatkan Rezita Meylani sebagai bupati termuda dalam sejarah Pilkada di Indonesia .

Sebagai bupati yang muda dan energik dan didukung oleh wabup yang sarat pengalaman di birokrasi diyakini akan mampu membangun sinergitas yang baik dalam rangka membangun Inhu lebih baik kedepan. Termasuk beberapa pekerjaan rumah yang harus disikapi lebih serius terutama pada sektor pelayanan publik seperti kesehatan, pendidikan dan infrastruktur.

Visi misi yang paslon ini jual pada saat kampanye harus dapat di konkritkan dalam RPJMD inhu agar kinerja pemerintahan ini kelak dapat diukur. Adanya dukungan mantan Bupati inhu dua periode bersama partai golkar di Inhu merupakan energi tambahan bagi terwujudnya kebijakan yang akan diambil.

Mantan bupati inhu dua periode ini masih sangat kuat pengaruhnya terutama di lapisan bawah masyarakat (grassroot) sedangkan partai golkar adalah lumbung suara dan menjadi jaminan legitimasi politik bagi bupati/wabup Inhu.

Pesan Menyentuh dari Suami

Istri jadi bupati, suami sampaikan pesan menyentuh jelang pelantikan, ini biodata Bupati Inhu dan Wakil Bupati Inhu hasil Pilkada Serentak 2020. Istri yang jadi bupati itu adalah Rezita Meylani , sedangkan suaminya adalah Yopi Arianto dan Yopi Arianto adalah mantan Bupati Inhu yang bakan digantikan Rezita Meylani .

Istri mantan Bupati Inhu Yopi Arianto , Rezita Meylani akan dilantik secara resmi oleh Gubernur Riau menjadi Bupati Inhu pada hari ini Senin (5/7/2021) hari ini di Pekanbaru. Sesuai jadwal, pelantikan Bupati Inhu dan Wakil Bupati Inhu akan digelar pukul 08.00 WIB.

Mantan Bupati Inhu dua periode, Yopi Arianto yang juga suami Rezita Meylani Yopi menyampaikan sejumlah pesan-pesan kepada istrinya. Setelah dilantik menjadi Bupati Inhu, Yopi berharap agar kiranya Rezita menjadi tetap menjadi istri yang sholehah.

"Tetaplah menjadi istri yang sholehah, menjadi pemimpin yang amanah dan menjadi ibu yang senantiasa memberikan contoh dan teladan," katanya ketika diwawancarai Tribunpekanbaru.com , Senin (5/7/2021).

Yopi juga mengingatkan istrinya agar selalu ingat terhadap warga Inhu yang merupakan kampung halamannya.

"Jabatan Bupati yang diemban istri saya adalah amanah rakyat, jadi harus selalu ingat sama orang kampung," katanya.

Tidak hanya itu, Yopi juga menyampaikan bahwa dirinya masih tetap kepala rumah tangga.

"Kalau di daerah istri saya jadi kepala, kalau di rumah tetap saya yang jadi kepala rumah tangga," ujarnya sambil tersenyum. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Pemerintahan
wwwwww