Pria Warga Berastagi Sumut Dilaporkan Menghilang, Pintu Mobil Land Cruiser Milik Korban Terbuka dan Mesin Menyala

Pria Warga Berastagi Sumut Dilaporkan Menghilang, Pintu Mobil Land Cruiser Milik Korban Terbuka dan Mesin Menyala

Herlan Ginting, warga Jalan Simpang Tongkoh, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Tanahkaro hilang misterius sejak Kamis (10/6/2021) kemarin.(HO)

Sabtu, 12 Juni 2021 18:22 WIB

TANAH KARO, POTRETNEWS.com — Herlan Ginting, warga Jalan Simpang Tongkoh, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Tanah Karo menghilang misterius. Mobil Toyota Land Cruiser dengan pelat BK 1996 LAN yang sebelumnya dikendarai Herlan Ginting ditemukan menyala di jembatan Sungai Lau Biang, Desa Kandibata. Menurut Kasat Reskrim Polres Tanahkaro AKP Adrian Risky Lubis, dirinya sudah menerima informasi tersebut. Adrian mengatakan, pihaknya menerima laporan soal temuan mobil tanpa pengemudi pada Kamis (10/6/2021).

"Setelah kami menerima informasi itu, kami langsung cek ke lokasi," kata Adrian, Sabtu (12/6/2021).

Dari hasil pemeriksaan di lokasi penemuan mobil, tidak ditemukan tanda-tanda keberadaan Herlan Gurning. Kemudian, pintu mobil dalam kondisi terbuka dan mesin menyala. Keadaan mobil terbilang normal, tidak ada tanda-tanda kerusakan apapun. Selanjutnya, mobil Land Cruiser itu dibawa ke Polres Tanahkaro.

"Kalau mobilnya masih mulus, enggak ada tanda-tanda tingkat kejahatan. Tidak ada bekas darah ataupun tanda-tanda lain yang mencurigakan," katanya.

Ketika ditanya lebih lanjut langkah yang diambil polisi, Adrian mengatakan penyidik masih memintai keterangan masyarakat di sekitar lokasi. Kemudian, polisi masih melakukan penyisiran mencari petunjuk lain di Desa Kandibata. Satu dari Tiga Pelaku Pembunuh Sopir Taksi Online di Sumut Berhasil Ditangkap Petugas gabungan Polda Aceh akhirnya menangkap tersangka pembunuh Chiw Yet Hau, sopir taksi online asal Medan yang jenazahnya dibuang di Gunung Salak, Aceh Utara pada Minggu (6/6/2021) lalu.

Adapun tersangkanya berinisial MYS alias MY. Tersangka ditangkap pada Kamis (10/6/2021) dinihari, atau persisnya sekira pukul 00.30 WIB. Saat ditangkap, MYS berada di Masjid Seulimeum, Kabupaten Aceh Besar.

“Dia ditangkap tim gabungan Jatanras Polda Aceh dan Polres Lhokseumawe,” kata Kepala Divisi Humas Polda Aceh, Kombes Pol Winardy, Jumat (11/06/2021), melansir Tribunnews.com.

Berdasarkan pengakuan pembunuh sopir taksi online asal Medan ini, dia beraksi bersama dua temannya. Adapun modusnya, MYS pura-pura baru pulang dari Malaysia dan minta diantar

“Pelaku minta diantar dengan tujuan Kota Langsa dari Medan. Pelaku pura-pura baru pulang dari Malaysia dan menelepon korban serta minta diantar," kata Winardy.

Setibanya di Langsa, MYS minta Chiw Yet Hau untuk menjemput dua temannya yakni Y dan L. Kedua orang ini juga ikut membunuh Chiw Yet Hau di dalam mobil. Dari pengakuan pembunuh sopir taksi online asal Medan ini, Y dan L membunuh Chiw Yet Hau dengan cara menjerat leher korban menggunakan sabuk pengaman.

"Mereka inilah yang membunuh korban dengan cara menjerat leher dengan tali sabuk pengaman mobil," kata Winardy.

Setelah membunuh korban, ketiganya membuang jasad Chiw Yet Hau ke jurang di kawasan Gunung Salak. Selanjutnya, mobil milik Chiw Yet Hau dijual kepada penadah yang kini juga buron.

“Uang sisa hasil penjualan Rp 16 juta turut disita. Mobil korban diambil dan dijual,” kata Winardy.

Selain menyita uang, polisi juga menyita kartu anjungan tunai mandiri, satu unit sepeda motor dan satu handphone.

"Untuk dua tersangka lagi masih kami buru," kata Winardy. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Hukrim
wwwwww