Home > Berita > Umum

Sempat Direkam dengan Kamera HP, Buaya Muncul di Permukiman Warga dan Santap Ternak di Desa Mumpa Inhil

Sempat Direkam dengan Kamera HP, Buaya Muncul di Permukiman Warga dan Santap Ternak di Desa Mumpa Inhil
Rabu, 02 Juni 2021 10:14 WIB

TEMPULING, POTRETNEWS.com — Bikin bergidik meremang bulu kuduk, buaya muncul santap ternak di Inhil Riau, warga cemas alang kepalang. Rasa cemas dan khawattir meliputi hati warga Desa Mumpa, Kecamatan Tempuling, Kabupaten Inhil, Riau. Bagaimana tidak, di depan mata warga melihat seekor buaya berukuran besar muncul di sekitar pemukiman warga, Selasa (1/6/2021) sekitar pukul 10.00 WIB.

Kemunculan buaya yang diperkirakan berukuran 3 meter tersebut tentu saja menggegerkan warga setempat. Apalagi seorang warga melihat langsung buaya besar memangsa seekor kambing, ternak milik orang di kampung itu. Bukan hanya isapan jempol, momen saat buaya tersebut memangsa seekor kambing milik Tarom warga RT 02 RW 07 Dusun Cabang Galah Desa Mumpa bahkan sempat direkam dengan kamera handphone.

Berdasarkan penuturan warga setempat, sekitar satu bulan ini buaya berukuran besar itu selalu menampakkan wujudnya. Buaya itu juga sering muncul dan naik ke darat menuju pemukiman warga dan memangsa kambing warga.

“Buaya itu sering muncul dan menjadi tontonan warga setempat dan orang dari luar desa,"ungkap Baharuddin, seorang warga Desa Mumpa yang melihat langsung kemunculan buaya tersebut.

"Semakin was-was saja warga dibuatnya,” imbuh Baharuddin, melansir Tribunnews.com.

Baha sapaan akrabnya, meminta kepada pihak yang berwenang untuk menindaklanjuti peristiwa ini demi keamanan warga setempat. Pasalnya, hingga kini warga desa diliputi kekhawatiran dan resah dengan teror predator tersebut.

“Warga berharap agar buaya tersebut segera dievakuasi, karena dikhawatirkan mengancam nyawa warga setempat,” imbuhnya.

Sudah Koordinasi

Di tempat berbeda, Dinas Pemadaman Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Inhil sebelumnya sudah berkoordinasi dengan Kepala Desa Mumpa untuk mengevakuasi buaya tersebut.

“Namun ada kendala karena ketika hendak ditangkap selalu lari ke muara sungai. Kedua kami dapat informasi buaya ini peliharaan orang,” ungkap Kepala DPKP Inhil Eddiwan Shasby saat dikonfirmasi awak media perihal kemunculan seekor buaya di Desa Mumpa, Kecamatan Tempuling,

Meskipun belum berhasil mengevakuasi buaya tersebut, menurut Eddiwan, pihaknya selalu memonitoring keberadaan sebenarnya buaya dan selalu siap mengevakuasi jika ada laporan mengenai keberadaan buaya.

“Kita selalu berkoordinasi dengan pak RT setempat. Jika memang kondisi ini darurat dan masyarakat membutuhkan, kami selalu siap untuk melakukan evakuasi. Saya sudah kondisikan anggota untuk selalu siaga,” tuturnya.

Warga pun dihimbau agar meningkatkan kewaspadaan saat beraktivitas di area sungai mengingat buaya merupakan hewan predator yang ganas. Imbauan ini diungkapkan Kapolsek Tempuling AKP Subagja saat dikonfirmasi awak media terkait laporan warga perihal kemunculan buaya muara tersebut.

Menurut AKP Subagja, sebelumnya buaya tersebut sudah berhasil diamankan atau ditangkap, namun saat ini tiba -tiba muncul kembali.

“Masyarakat agar berhati-hati saat beraktivitas di sekitar sungai. Laporannya sudah masuk dan Kami juga sudah koordinasikan dengan instansi terkait,” imbau Kapolsek Tempuling. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum
wwwwww