Home > Berita > Umum

Riau, Sumsel, dan Sulut Dapat Hibah Rp4 Triliun dari Pemerintah AS

Riau, Sumsel, dan Sulut Dapat Hibah Rp4 Triliun dari Pemerintah AS
Minggu, 30 Mei 2021 10:25 WIB

JAKARTA, POTRETNEWS.com — Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menyebutkan tiga provinsi akan mendapatkan dana hibah dari Millenium Challange Corporation (MCC) berasal dari Amerika Serikat sekitar Rp4 triliun untuk beberapa program pembangunan. Sebanyak tiga provinsi yang mendapatkan dana hibah tersebut, yakni Riau, Sumatera Selatan, dan Sulawesi Utara.

"Dana ini diperuntukkan untuk membantu UMKM dan infrastruktur. Dalam rangka membangun ekonomi hijau. Nah, salah satunya Riau yang masuk kriteria untuk mendapatkan dana ini," ucap dia di Pekanbaru, Provinsi Riau, Sabtu (29/5/2021), melansir Bisnis.com.

Rp3,7 Triliun Dia memastikan Provinsi Riau mendapatkan dana hibah Rp1,7 triliun dari MCC Amerika Serikat itu. Totalnya Rp4 triliun lebih dana hibah yang dialokasikan untuk ketiga provinsi tersebut. Hal tersebut disampaikan Suharso menjawab pertanyaan Gubernur Riau Syamsuar yang menanyakan tentang dana hibah ini.

"Tentu saya apresiasi keseriusan Pemprov Riau mendapatkan dana ini sehingga masuk kriteria untuk diberikan dana hibah," ucapnya.

Dana hibah ini direncanakan dikucurkan untuk pembangunan jalan, pengembangan kawasan industri, hilirisasi sawit, serta pengembangan pertanian.

"Dana hibah MCC ini difokuskan untuk pembangunan infrastruktur dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pengentasan kemiskinan," ujar dia.

Saat menghadiri muswil itu, Suharso sempat menanyakan banyak hal kepada Gubernur Riau Syamsuar, antara lain pertumbuhan ekonomi, percepatan vaksinasi, kasus terkonfirmasi Covid-19, tingkat kemiskinan, angka kekerdilan, serta jumlah pengangguran terbuka di daerah setempat. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum
wwwwww