Home > Berita > Umum

Bukan Hindari Kerumunan, Sejumlah Warga Pekanbaru Asyik Nongkrong di Angkringan, padahal Seorang Pengunjung Ada yang Positif Covid-19

Bukan Hindari Kerumunan, Sejumlah Warga Pekanbaru Asyik Nongkrong di Angkringan, padahal Seorang Pengunjung Ada yang Positif Covid-19
Senin, 24 Mei 2021 16:32 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Setiap orang bisa menjadi carrier virus Covid-19 dan tidak diketahui tanda secara fisik bila tanpa gejala. Sebab itu, kita semua harus disiplin menerapkan protokol kesehatan dimana pun berada. Mulai dari memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan menghindari kerumunan yang diiringi dengan menjaga jarak .

Namun, masih ada saja masyarakat yang tak disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Padahal, wabah telah berjalan setahun lebih. Sejumlah warga di Pekanbaru ini misalnya. Bukannya menghindari kerumunan di saat pandemi, mereka malah asyik nongkrong di angkringan sambil menikmati suasana malam kota.

Mereka tak sadar jika salah satu pengunjung angkringan ternyata positif Covid-19. Positifnya salah satu pengunjung angkringan tersebut diketahui setelah adanya razia protokol kesehatan yang digelar oleh Satpol PP Kota Pekanbaru. Kepala Satpol PP Kota Pekanbaru, Iwan Simatupang, mengatakan, peristiwa tersebut terjadi saat mereka melakukan razia protokol kesehatan di kawasan Kota Pekanbaru pada Minggu (23/5/2021) malam. Selain membubarkan kerumunan, Satpol PP juga melakukan swab test ke para pengunjung dan pengelola kerumunan.

"Hasilnya ada satu pengunjung positif covid-19 dalam razia yang kita gelar," tegas Kepala Satpol PP Kota Pekanbaru, Iwan Simatupang, Senin (24/5/2021), melansir Tribunnews.com.

Pengunjung yang positif tersebut pun langsung diminta untuk melakukan isolasi mandiri. Kerumunan memang menjadi salah satu penyebab masih tingginya angka penularan Covid-19 di Indonesia. Karena dalam kerumunan tidak diketahui siapa yang tertular Covid-19, apalagi tanpa gejala. Jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Indonesia per 23 Mei 2021 bertambah 5.280 pasien.

Secara keseluruhan, total kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Indonesia ada sebanyak 1.775.220 pasien. Hal itu berdasar data dari Kementerian Kesehatan yang disampaikan melalui Twitter BNPB @BNPB_Indonesia, Minggu (23/5/2021) sore. Pada Sabtu (22/5/2021) kemarin, total pasien positif Covid-19 sebanyak 1.769.940 orang.

Jumlah pasien yang sembuh hingga hari ini menjadi 1.633.045 di seluruh Indonesia. Pada hari sebelumnya, total pasien yang sembuh yakni 1.629.495 orang. Hal ini dikarenakan adanya penambahan pasien sembuh sebanyak 3.550 orang. Kemudian, total ada 49.328 orang yang dinyatakan meninggal dunia hingga hari ini. Sementara itu, data kemarin menunjukkan bahwa sebanyak 49.205 orang meninggal dunia. Tercatat ada 123 orang pasien Covid-19 yang meninggal dunia dalam 24 jam terakhir.

Tips terhindar Covid-19

Dilansir dari covid19.go.id, berikut poin penting yang harus anda lakukan agar terhindari dari Covid-19. Cuci tangan Anda secara rutin. Gunakan sabun dan air, atau cairan pembersih tangan berbahan alkohol. Selalu jaga jarak aman dengan orang yang batuk atau bersin. Kenakan masker jika pembatasan fisik tidak dimungkinkan.

Jangan sentuh mata, hidung, atau mulut Anda. Saat batuk atau bersin, tutup mulut dan hidung Anda dengan lengan atau tisu. Jangan keluar rumah jika merasa tidak enak badan. Jika demam, batuk, atau kesulitan bernapas, segera cari bantuan medis. Telepon terlebih dahulu agar penyedia layanan kesehatan dapat segera mengarahkan Anda ke fasilitas kesehatan yang tepat. Tindakan ini akan melindungi Anda serta mencegah penyebaran virus dan infeksi lainnya. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum, Pekanbaru
wwwwww