Home > Berita > Umum

Rumah Sakit Teledor! Kaki Kiri Pasien yang Sakit, tapi Kaki Kanan yang Diamputasi

Rumah Sakit Teledor! Kaki Kiri Pasien yang Sakit, tapi Kaki Kanan yang Diamputasi

Gambar hanya ilustrasi

Sabtu, 22 Mei 2021 10:22 WIB

JAKARTA, POTRETNEWS.com — Sebuah rumah sakit di Austria salah mengamputasi kaki salah satu pasien beberapa waktu lalu. Ini dianggap sebagai 'kesalahan tragis' yang disebabkan oleh manusia. Berdasarkan keterangan pihak Freistadt Clinic, pasien tersebut memang mengidap beberapa penyakit. Penyakit sebelumnya berdampak pada kakinya, sehingga kaki kirinya harus diamputasi.

"Pada Selasa (18/5/2021), kami sangat terkejut. Meski dengan standar jaminan kualitas, kaki yang salah (bukan yang harus diamputasi) dari pria berusia 82 tahun itu... diamputasi," kata pihak klinik yang dikutip dari Reuters, Jumat (21/5/2021), melansir detik.com.

Menurut pihak klinik, kesalahan amputasi tersebut baru diketahui saat perban pasien diganti pada Kamis (20/5/2021) pagi. Kesalahan amputasi tersebut diduga terjadi menjelang operasi, saat kaki yang akan diamputasi tengah ditandai.

"Sayangnya terjadi kesalahan, di mana kaki kanan yang diamputasi dan bukan kaki yang kiri. Ini terjadi akibat serangkaian keadaan yang tidak menguntungkan," katanya.

Saat ini, pihak klinik sedang menyelidiki apa yang terjadi dan akan meninjau standar pelayanan kesehatan di tempat mereka. Sementara untuk pasien akan diberikan bantuan psikologis dan masih harus menjalani operasi lanjutan untuk mengangkat kaki kirinya dari paha bagian tengah.

"Operasi segera dijadwalkan," pungkasnya.***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum
wwwwww