Perantau Asal Senapelan Pekanbaru Terpaksa Curi HP karena Sudah 2 Hari tak Makan di Sumsel

Perantau Asal Senapelan Pekanbaru Terpaksa Curi HP karena Sudah 2 Hari tak Makan di Sumsel

Hasan pelaku pencurian HP di Kota Lubuklinggau mengaku terpaksa mencuri karena tak makan, Jumat (21/5/2021)

Sabtu, 22 Mei 2021 12:50 WIB

LUBUKLINGGAU, POTRETNEWS.com — Hasan perantau asal Pekanbaru Riau sudah ditangkap oleh jajaran Polsek Lubuklinggau Barat. Pria 32 tahun itu ditangkap, karena ketahuan mencuri sebuah ponsel milik jemaah yang sedang sholat Jumat di Masjid Agung As-salam, Jumat (21/5/2021).

Namun meski sudah ditangkap, kasus ini diselesaikan secara kekeluargaan. Karena pelaku melakukan aksi pencurian itu karena kepepet tak punya uang karena kehabisan saat merantau ke Kota Lubuklinggau, Sumsel.

Hasan mengaku baru dua pekan di Kota Lubuklinggau. Tujuannya ke kota tersebut karena ingin mencari pekerjaan. Namun pekerjaan belum ia dapatkan, tapi dirinya sudah kehabisan uang. Bahkan Hasan mengaku sudah dua hari dirinya tidak makan. Sehingga ia terpaksa mencuri.

"Belum makan dua hari," Kata Kapolsek Lubuklinggau Barat AKP Luhut Situmorang di dampingi Kanitreskrim Aiptu Faisal, Sabtu (22/5/2021).

Begitu diperiksa di Mapolsek Lubuklinggau Barat, pelaku langsung diberi makan. Hasan nampak lahap menyantap makanan yang diberikan untuknya. Kemudian, pihak kepolisian melakukan upaya mediasi antara korban dengan pihak pelaku agar kejadian ini dapat diselesaikan dengan damai. Bak gayung bersambut korban tidak keberatan dan menyetujuinya.

"Korban atas kesadaran sendiri dapat memaafkan kesalahan pelaku dan memohon kepada penyidik agar perkara ini tidak diteruskan ke penuntut umum," ujarnya.

Kronologi kejadian

Hasan merupakan Perantau asal Sidimulyo Gg Temu RT. 02 Kelurahan Padang Bulan Kecamatan Senapelan, Kota Pekan Baru Provinsi Riau. Dirinya baru dua minggu berada di Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan. Namun siang itu saat jemaah sholat jumat, ia mengaku sangat lapar.

Karena sudah dua hari, Hasan menahan lapar, sedangkan mau beli makan dirinya kehabisan uang. Sebab kerja yang diharapkan tak kunjung dapat. Hasan pun melihat HP jemaah tergeletak saat korban sedang sholat jumat.

Secara spontan pelaku mengambil Hp milik korban dan langsung melarikan diri keluar masjid. Korban bernama Abdul Malik (25 tahun) warga Jalan Nangka Lintas RT 04 Kelurahan Batu Urip Permai, Kecamatan Lubuklinggau Utara II melaporkan kejadian tersebut ke pihak kepolisian. Mendapat laporan itu, pihak kepolisian langsung sigap ke lokasi kejadian.

Ternyata aksi pelaku terekam CCTV di lokasi dan dengan mudah dapat diketahui ciri-cirinya. Tak butuh waktu lama, pelaku akhirnya dapat diringkus saat berada di Kelurahan Pasar Permiri tepatnya didepan SMA Muhammadiyah.

"Hasil interogasi bahwa pelaku mengakui terus terang perbuatannya, telah melakukan pencurian Hp di Masjid Agung As Salam karena ternyata belum makan dua hari," Kata Kapolsek Lubuklinggau Barat AKP Luhut Situmorang di dampingi Kanitreskrim Aiptu Faisal, Sabtu (22/5/2021), melansir Tribunnews.com.

Kapolsek menjelaskan, pelaku ditangkap atas laporan korbannya Abdul Malik (25 tahun) warga Jalan Nangka Lintas RT 04 Kelurahan Batu Urip Permai, Kecamatan Lubuklinggau Utara II.

"Saat itu pelaku selesai sholat Jumat melihat Hp milik korban terletak disamping korban, secara spontan pelaku mengambil Hp milik korban dan langsung melarikan diri keluar masjid," ujarnya.

Setelah mendapat informasi dari pengurus Masjid Agung As-salam, bahwa telah terjadi pencurian Hp, Katim Opsnal Gaspool Bripka Fitra Hadi langsung menuju lokasi melihat rekaman CCTV yang ada terpasang di Masjid.

"Hasil pengamatan CCTV dapat diketahui ciri-ciri pelaku, sekira pukul 14.00 WIB pelaku diketahui sedang berada di Kelurahan Pasar Permiri tepatnya didepan SMA Muhammadiyah," ungkapnya.

Tanpa menunggu lama pelaku dapat diamankan tanpa perlawanan, dan pelaku langsung digelandang ke mapolsek, hasil interogasi alasannya mencuri karena belum makan selama dua hari. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Hukrim
wwwwww