Home > Berita > Umum

Mobilitas dari Sumatra ke Jawa Diawasi Seiring Meningkatnya Kasus Covid-19

Mobilitas dari Sumatra ke Jawa Diawasi Seiring Meningkatnya Kasus Covid-19

Pemudik Jakarta pada arus balik dari Palembang memadati rest area Km. 216 tol Palembang-Bakauheni.

Senin, 17 Mei 2021 19:20 WIB

JAKARTA, POTRETNEWS.com — Ketua Komite Penanganan Covid-19 Airlangga Hartarto menyebut kasus mingguan Covid-19 di Pulau Sumatera mengalami tren kenaikan. Kenaikan terjadi di minggu pertama Mei 2021 atau menjelang lebaran, dibandingkan dengan minggu pertama April 2021.

"Ada tren meningkat, tentu kami memonitor mobilitas penduduk pasca libur lebaran dari Sumatera ke Jawa," kata Airlangga dalam konferensi pers virtual pada Senin, 17 Mei 2021,melansir Bisnis.com.

Secara umum, kata Airlangga, kenaikan kasus aktif terjadi di 15 provinsi di Indonesia. Dari jumlah tersebut, 6 ada di Sumatera. Mulai dari Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, dan Bangka Belitung.

Sisanya yaitu seperti DKI Jakarta, Banten, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat, dan beberapa daerah lainya di Kalimantan dan Sulawesi. Airlangga juga mengatakan Bed Occupancy Rate (BOR) alis tingkat keterisian tempat tidur untuk pasien Covid-19 secara nasional relatif rendah. Angkanya berada di kisaran 29 persen.

Tapi, BOR di Pulau Sumatera relatif tinggi dibandingkan nasional. Tertinggi yaitu di Sumatera Utara dengan angka 57 persen. Lalu diikuti dengan Riau 52 persen, Kepulauan Riau 49 persen dan Sumatera Barat 49 persen. Selanjutnya, Sumatera Selatan 47 persen, Bangka Belitung 45 persen, Jambi 43 persen, dan Lampung 38 persen. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum
wwwwww