Home > Berita > Umum

Hanya Berjualan Cendol, Ibu 44 Tahun Harus Hidupi Sendirian 16 Anaknya yang Masih Kecil-Kecil

Hanya Berjualan Cendol, Ibu 44 Tahun Harus Hidupi Sendirian 16 Anaknya yang Masih Kecil-Kecil

Sriyanti bersama anak-anaknya saat ditemui Tribunjateng.com di rumahnya yang ada di di Rt 02 Rw 01 Desa Wanarejan Utara, Kecamatan Taman, Pemalang, Sabtu (8/5/2021).

Minggu, 09 Mei 2021 12:33 WIB

PEMALANG, POTRETNEWS.com — Kisah seorang ibu berusia 44 tahun harus mengurus sendiri anaknya yang mayoritas masih bocah tanpa didampingi sang suami. Hal itu lantaran suaminya meninggal dunia satu tahun lalu (2020), karena sakit yang diderita. Mendapatkan anak merupakan hal yang paling ditunggu para orang tua. Tentu, kehadiran anak bakal menambah kebahagian pasangan suami istri. Namun, hal tersebut harus dirasakan berbeda oleh wanita satu ini.

Pasalnya, dia harus menghidupi dan menyekolahkan 16 orang anaknya seorang diri. Tangis anak-anak memenuhi rumah berukuran 3X6 meter, yang terletak di sebuah gang sempit yang ada di Rt 02 Rw 01 Desa Wanarejan Utara, Kecamatan Taman, Kota Pemalang, Jawa Tengah. Rumah tersebut merupakan tempat tinggal Sriyanti (44) bersama 13 anaknya. Di tempat yang ia tinggali, Sriyanti terlihat riweh mengurus belasan anaknya ditambah satu cucu.

Pasalnya, ia harus mengurus sendiri anaknya yang mayoritas masih bocah tanpa didampingi sang suami. Hal itu lantaran suami Sriyanti meninggal satu tahun lalu, karena sakit yang diderita. Sriyanti bersama anak-anaknya saat ditemui Tribunjateng.com di rumahnya yang ada di di RT 02 RW 01 Desa Wanarejan Utara, Kecamatan Taman, Kota Pemalang, Jawa Tengah, Sabtu (8/5/2021), melansir Tribunnews.com.

Guna mencukupi kebutuhan belasan anaknya, Sriyanti pun harus banting tulang, dengan menjajakan es cendol di Jalan Jenderal Sudirman Kabupaten Pemalang. Tak sampai di situ, beban Sriyanti juga bertambah dengan utang biaya pengobatan sang suami saat menjalani perawatan sebelum meninggal sebesar Rp 25 juta. Dengan semua beban keluarga di panggulnya, Suryanti tetap tabah dan menjalani hidup. Wanita 44 tahun itu menuturkan, hanya bisa berdoa agar diberi kesehatan dan rezeki Supaya ia bisa membiayai anak-anaknya dan melunasi utang Almarhum suaminya.

"Ya memang sudah jadi jalan hidup saya, semoga saja diberi kekuatan menjalani, serta diberi kesehatan dan rezeki," ucapnya saat ditemui Tribunjateng.com di rumahnya, Sabtu (8/5/2021).

Hasil jualan es cendol yang ia lakoni pun jauh dari kata cukup, untuk membiayai kebutuhan keluarga.

"Kalau ramai bisa dapat Rp 70 ribu, kalau sepi ya kadang Rp 50 ribu, Tapi beberapa hari ini saya tidak jualan karena anak saya ada yang tidak enak badan. Biasanya saat saya jualan, anak-anak di rumah dijaga kakak-kaknya," ucapnya.

Di Kartu Keluarga (KK) milik Sriyanti tertera 13 nama bocah, dengan usia paling kecil 1 tahun. Bahkan saking banyaknya nama yang tercatat, KK miliknya sampai dipisah menjadi dua halaman. Sriyanti menjelaskan, total anaknya ada 16 orang, namun dua anaknya sudah menikah dan tidak tinggal dengannya. Sementara satu anaknya meninggal saat kecil.

"Sekarang di rumah ada 13 anak dan dititipi satu cucu, jadi total 14 anak. Usia paling kecil 1 tahun yang lahir tahun lalu," katanya.

Wanita ramah itu juga menerangkan sangat hafal dengan nama dan usia anak-anaknya.

"Paling kecil Gendis Nadhifah usia satu tahun, lalu Shafar Rafasya usia dua tahun, Syaif Bahrin tiga tahun. Ragil Ferbrian enam tahun, Damar Evan tujuh tahun," ucapnya.

Dilanjutkannya, Lintang Yuwana anaknya berusia delapan tahun, lalu Atika Wulan berusia sepuluh tahun.

"Irwan Aji dua belas tahun, Isya Maulana sebelas tahun, Bima Aldi berusia tiga belas tahun, Kharisma Mutiara empat belas tahun, Tiara Puspita kini berusia enam belas tahun, serta Angga dan Anggi yang sudah pisah KK hampir 27 tahun," terangnya.

Dari belasan anaknya, Sriyanti mengatakan delapan anaknya belum punya akta kelahiran.

"Kalau BPJS baru empat anak lainya belum. Mau mengurus saya terkendala biaya, karena biaya untuk sekolah dan makan anak-anak sangat besar, sedangkan saya hanya jualan es cendol," imbuhnya. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum
wwwwww