Home > Berita > Umum

Coba Kelabui Petugas dengan Naik Truk Batu Bara, 11 Pemudik dari Riau Tujuan Sumbar Diturunkan dan Disuruh Putar Balik

Coba Kelabui Petugas dengan Naik Truk Batu Bara, 11 Pemudik dari Riau Tujuan Sumbar Diturunkan dan Disuruh Putar Balik

Sebelas orang yang hendak mudik ke daerah Sumatera Barat (Sumbar) terpaksa menumpang truk batubara.

Minggu, 09 Mei 2021 08:12 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Untuk bersilaturahmi lebaran di kampung halaman dari Provinsi Riau, sebanyak sebelas orang yang hendak mudik ke daerah Sumatera Barat (Sumbar) terpaksa menumpang truk batubara. Aksi nekat ini didapati oleh petugas pos penyekatan peniadaan mudik dan pembatasan moda transportasi yang terletak di Desa Kasang, Kecamatan Kuantan Mudik.

Dikatakan Kapolres Kuansing AKBP Henky Poerwanto melalui Kasat Lantas AKP Rocky Junasmi kemudian memaparkan kronologis kejadian pada pukul7 10.00 WIB tersebut. Saat itu petugas melakukan pemeriksaan di pos penyekatan perbatasan Riau-Sumatra Barat (Sumbar) tersebut.7

“Saat itu, petugas menemukan satu unit kendaraan truk batu bara berwarna oren dengan memuat 2 orang penumpang perempuan yang duduk di sebelah sopir,” ujar AKP Rocky, Jumat (7/5) malam. Saat menghentikan kendaraan tersebut, petugas mendapati tingkah sopir yang mencurigakan. Setelah diperiksa ternyata ada 6 orang perempuan sebagai penumpang di bagian depan.

“Dua orang duduk di sebelah sopir dan 4 lagi sembunyi di belakang bangku sopir tepatnya di tempat yang biasa digunakan sopir untuk beristirahat,” sebut dia, seperti dikutip dari Haluanriau.co, Sabtu (8/5/2021).

Saat diperiksa lebih lanjut, ternyata truk itu diketahui sedang tidak ada muatan batu bara. Kecurigaan petugas semakin menjadi, dan menduga masih ada penumpang lain di bak belakang. Petugas meminta sopir menaikkan bak mobil, namun hal itu tidak digubrisnya.

“Petugas kemudian memeriksa kembali dan menemukan 5 orang laki-laki yang bersembunyi di bak bagian belakang truk,” lanjutnya.

Setelah diambil keterangan, ternyata 11 orang tersebut adalah sales yang menumpang ke truk agar bisa lewat dari pemeriksaan petugas dan bisa lewat sampai ke wilayah Sumbar.

“11 orang itu sudah diputarbalikkan dan kendaraan yang mengangkut penumpang tersebut diberikan tindakan berupa tilang,” tegas AKP Rocky, melansir Haluan.co.

Diketahui, di Kuansing ada 3 pos penyekatan. Selain pos penyekatan perbatasan dengan Provinsi Sumbar di Desa Kasang Kecamatan Kuantan Mudik, juga ada dua pos perbatasan Kabupaten Kuansing-Kampar berada di Desa Tanjung Pauh Kecamatan Singingi Hilir, dan pos perbatasan Kuansing-Indragiri Hulu (Inhu) di Kecamatan Cerenti. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum, Riau
wwwwww