Home > Berita > Umum

Saat Kasus Covid-19 Meningkat di Riau, Bisa-bisanya 12 WNA Lolos Masuk ke Bumi Lancang Kuning

Saat Kasus Covid-19 Meningkat di Riau, Bisa-bisanya 12 WNA Lolos Masuk ke Bumi Lancang Kuning
Sabtu, 08 Mei 2021 10:26 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Kok bisa sebanyak 12 Warga Negara Asing atau WNA masuk Riau saat Wabah Covid-19 terjadi, apalagi Kasus Positif Covid-19 di Riau semakin tinggi. Menurut Badan Pusat Statistik atau BPS Riau , WNA masuk Riau tersebut adalah Wisatawan Mancanegara. Namun, Kemenkumham Riau membantah WNA masuk Riau itu adalah Wisatawan Mancanegara .

Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Riau, membantah terkait adanya informasi 12 Warga Negara Asing (WNA) yang masuk ke Riau sebagai wisatawan mancanegara (wisman) selama masa pandemi Covid-19. Informasi ini, sebelumnya disampaikan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau. Disebutkan, 12 orang wisman ini masuk ke Bumi Lancang Kuning sejak Maret 2021.

"Mereka (WNA) itu sebagian pekerja dan sebagian lagi adalah kru kapal ," kata Kepala Kanwil Kemenkumham Riau, Pujo Harinto, Jumat (7/5/2021) malam.

Diungkapkan Pujo, terkait adanya informasi itu, pihaknya mendatangi BPS Provinsi Riau untuk mengklarifikasi dan menanyakan langsung soal informasi yang disampaikan itu. Pujo menerangkan, sebagian WNA itu ada yang bekerja di perusahaan di Riau. Mereka mendarat di Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru beberapa waktu lalu.

"Mereka naik pesawat carter untuk bekerja di Riau. Jumlahnya delapan orang. Sementara empat orang di Dumai sebagai kru kapal," urai Kakanwil.

Sementara itu, Kadiv Kerimigrasian Kanwil Kemenkumham Riau, Tito Andrianto menegaskan, semua WNA yang masuk ke Indonesia dengan tujuan wisata masih dilarang. Seluruh WNA yang datang harus mendapatkan pengecualian sesuai regulasi dalam Peraturan Menteri Hukum dan HAM nomor 26 Tahun 2021.

"Kabar yang beredar itu keliru. Dikira orang asing masuk itu adalah wisman, padahal bukan.Jadi sudah kami klarifikasi lagi ke Badan Pusat Statistik (BPS) Riau kemarin, saya temui langsung Kepala BPS Riau dan ternyata mereka juga dapat dari Pariwisata," ungkap Tito.

Ia menuturkan, wisatawan asing belum ada yang masuk ke Riau, karena tempat pemeriksaan Imigrasi (TPI) belum dibuka, sehingga tidak ada WNA yang masuk kecuali yang diizinkan untuk kepentingan tertentu.

"TPI sampai saat ini belum ada buka dari situ, makanya kita bingung juga karena di daerah lain juga tidak ada masuk. Orang asing yang masuk hanya yang boleh oleh aturan selama COVID-19," ucap dia.

Dirinya menamnahkan, pihaknya tengah mempersiapkan pembukaan TPI untuk menerima kepulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) sesuai arahan pemerintah pusat. Pelabuhan Dumai menjadi salah satu pintu masuk yang telah diizinkan untuk para PMI.

Kepala BPS Riau, Misfaruddin sebelumnya mengatakan ada 12 wisatawan masuk ke Riau melalui empat pintu masuk sejak Maret 2021, melansir Tribunnews.com.

Mereka terdiri dari dua warga negara Malaysia dan dua warga negara Singapura, satu warga negara China, satu warga negara India, tiga warga negara Filipina dan sisanya masih didata dari negara mana. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum, Riau
wwwwww