Sejumlah Tokoh Penting PAN di Riau Hijrah ke Partai yang Didirikan Amien Rais

Sejumlah Tokoh Penting PAN di Riau Hijrah ke Partai yang Didirikan Amien Rais
Jum'at, 30 April 2021 22:20 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Partai Ummat Riau sesumbar bisa merebut suara PAN Riau dalam Pemilu 2024 setelah resmi deklarasi dan Partai Ummat ini yakin bisa menjadi partai besar pada Pemilu 2024 . Hal ini disampaikan Ketua DPW Partai Ummat Riau Fauzi Kadir karena gerbong besar di PAN Riau sudah bermigrasi ke Partai Ummat Riau begitu juga gerbong lainnya termasuk Masyumi .

"Basis pak Amin Rais itu dari berbagai komponen, saya bukan orang Muhammadiyah dan bukan orang PAN asli, hanya saja saya ikut Partai Ummat , variabelnya banyak," ujar Ketua DPW Partai Ummat Riau Fauzi Kadir yang optimis.

Menurut mantan ketua PAN Riau ini, yang sudah bergabung dengan partai ummat berasal dari PAN, Muhammadiyah, dan PKS, sehingga menurutnya partai ini akan menjadi besar.

"Ini yang buat partai ini lahir berbeda dengan yang lain. Jadi kalau Amin pindah maka gerbong akan pindah,"ujarnya.

Sehingga ia yakin tidak hanya bisa menggerus suara PAN di Pemilu mendatang melainkan suara partai lain dan basis-basis suara masyarakat.

"Kenapa tidak bukan hanya suara PAN kita ambil. Kita mau jadi pemenang, kalau PAN kecil lawan kita, itu sudah jelas lewat barang tu,"ujarnya yakin bisa tumbangkan PAN di Pemilu.

Ini didasari dengan semangat dan antusiasme masyarakat yang cukup bagus mendukung partai ummat, apalagi menurutnya diuntungkan dengan kondisi seperti ini.

"Partai ummat menawarkan hal yang menarik, karena pada sekarang ini, tidak ada kekuatan politik yang memberikan optimisme kepada masyarakat semua stagnan, makanya sekarang ini sambutan masyarakat sangat bagus,"ujarnya.

Makanya apa yang ditawarkan melalui politik partai ummat menurutnya masyarakat bisa lebih dekat dengan partai ummat.

"Partai ummat jadi solusi masyarakat, karena sekarang ini elit kita pada tidur, padahal negeri ini krisis luar biasa. Partai ummat punya kans bagus dalam kondisi seperti ini,"ujarnya.

Sementara untuk struktur pengurus di Riau menurut Fauzi Kadir saat ini sudah semua terbentuk, tinggal mematangkan pengurus di tingkat Kecamatan saja.

Mantan Ketua PAN Jadi Ketua Partai Ummat di Riau

Mantan Ketua PAN jadi Ketua Partai Ummat di Riau, akankah berdampak pada perolehan suara PAN di Riau saat Pemilu nanti?

Partai Ummat sudah resmi melakukan deklarasi yang dipimpin langsung Amin Rais. Menariknya sejumlah tokoh di Partai Amanat Nasional (PAN) menjadi pengurus di partai Ummat ini. Seperti di Riau misalnya ketua partai ummat merupakan mantan Ketua PAN Riau Fauzi Kadir.

Wakil Ketua DPW PAN Riau Zulfi Mursal mengakui banyak pengurus PAN yang berhijrah ke Partai Ummat. Seperti ketuanya saat ini dan termasuk tokoh penting di Riau, seperti Taufan Andoso Yakin serta beberapa kader lainnya.

"Kalau ditanya apakah berpengaruh kepada PAN dengan keberadaan partai ummat, setidak-tidaknya ada pengaruh. Ada yang diambil pengurus dari PAN," ujar Zulfi Mursal kepada Tribunpekanbaru.com .

Pengaruh suara menurut Zulfi Mursal belum bisa bisa diukur dan diprediksi sekarang.

"Kalau soal suara di Pemilu saya rasa tergantung figur yang dicalonkan partai. Masyarakat sudah tidak banyak lagi fanatik satu partai," ujarnya.

"Masyarakat akan memilih figur yang baik di tengah mereka,"imbuhnya.

Zulfi memang mengakui terhadap deklarasi ada pengaruh bagi PAN sedikit banyaknya.

"Makanya kita juga akan jaga figur. Memang ada di beberapa wilayah figur Partai Ummatnya bagus,"jelasnya, melansir Tribunnews.com.

Pihaknya berharap pascaditinggal Amin Rais, PAN tetap eksis dan tetap berada di hati masyarakat.

"Makanya kami juga betul-betul mencari figur yang disukai masyarakat, diseleksi dari tingkat RT, untuk mencalonkan figur yang memiliki basis massa," ujar Zulfi Mursal. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Politik
wwwwww