Home > Berita > Umum

Proyek Preservasi Jalan Lintas Timur Riau Senilai Rp654 Miliar Siap Dibangun!

Proyek Preservasi Jalan Lintas Timur Riau Senilai Rp654 Miliar Siap Dibangun!

Ilustrasi

Selasa, 13 April 2021 12:10 WIB

JAKARTA, POTRETNEWS.com — Preservasi Jalan Lintas Timur (Jalintim) Riau akan segera dibangun. Keputusan ini diambil setelah dilakukan penandatanganan perjanjian proyek Jalintim dengan skema kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU). Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan penandatanganan proyek ini diharapkan mendukung transportasi dan logistik di wilayah Sumatera.

"Yang selanjutnya meningkatkan perekonomian Indonesia," kata Basuki dikutip dari keterangan resmi, Selasa (13/4/2021), melansir cnbcindonesia.com.

Proyek ini nantinya terdiri dari tiga ruas jalan yaitu Jalan Simpang Kayu Ara - Batas Kabupaten Pelalawan, Jalan Batas Pelalawan - Sikijang Mati, Jalan Sikijang Mati - Simpang Lago, serta empat unit jembatan di Jalan Sikijang Mati - Simpang Lago. Proyek ini telah mendapatkan penjaminan dari PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) sebagai salah satu Special Mission Vehicle (SMV) Kementerian Keuangan RI.

Bentuk kerja sama proyek KPBU Jalintim Sumatera Selatan adalah Design Build Finance Operate Maintain Transfer, dengan pengembalian investasi melalui Availability Payment (AP). Proyek dengan estimasi biaya investasi mencapai Rp 654,7 miliar ini memiliki masa konsesi selama 15 tahun yang terdiri dari tiga tahun masa konstruksi dan 12 tahun masa layanan.

"Penjaminan ini merupakan salah satu fasilitas dari Kementerian Keuangan untuk meningkatkan kelayakan dan kenyamanan investasi bagi investor dan perbankan," kata Direktur Utama PT PII Wahid Sutopo. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum, Riau
wwwwww