Home > Berita > Umum

Azlaini Agus Ingatkan Orang Riau Jasa Almarhum Syarwan Hamid yang Mekarkan 6 Kabupaten/Kota di Provinsi Ini

Azlaini Agus Ingatkan Orang Riau Jasa Almarhum Syarwan Hamid yang Mekarkan 6 Kabupaten/Kota di Provinsi Ini

Azlaini Agus.

Jum'at, 26 Maret 2021 06:09 WIB

RIAU, POTRETNEWS.com — Mantan Mendagri Syarwan Hamid meninggal dunia pada Kamis (25/3/2021), seorang Tokoh Masyarakat Riau Aslaini Agus mengingatkan orang Riau. Peringatan Tokoh Masyarakat Riau Aslaini Agus kepada orang Riau yakni jangan jadi kacang lupa kulitnya, karena sebelum Syarwan Hamid meninggal dunia , beliau banyak berjasa untuk Riau.

Semasa hidup atau sebelum Syarwan Hamid meninggal dunia , Azlaini Agus mengenang jasa Syarwan Hamid dalam perjuangan otonomi daerah di Riau dan bagi hasil Migas untuk Riau. Tokoh Masyarakat Riau Azlaini Agus melihat almarhum Syarwan Hamid adalah Sosok Pejuang, tidak saja sebagai Prajurit TNI tetapi almarhum juga Pejuang di bidang politik dan pemerintahan.

Azlaini Agus mengenang kembali memori lamanya ketika ia sebagai Koordinator Gabungan Kekuatan Reformasi Masyarakat Riau (GKRMR) dan Komponen Masyarajat Riau, memperjuangkan wujudnya otonomi daerah serta bagi hasil minyak bumi dan sumber daya alam untuk daerah di tahun 1998-1999, Almarhum ketika itu menjabat Menteri Dalam Negeri, di bawah Presiden BJ Habibie.

Berkat dukungan penuh Alnarhum, menurut Azlaini Agus, perjuangan mayarakat Riau yang waktu itu ia pimpin berhasil, dengan terbitnya Undang-undang Nomor 22 Tahun 1999 Tentang Pemerintah Daerah yang menuat konsep otonomi Daerah dan Undang-undang Nomor 25 Tahun 1999 Tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Daerah. Almathum juga menurut Azlaini Agus, berjasa dalam proses pemekaran kabupaten/kota di Riau, melansir Tribunnews.com.

Berkat political will Almarhum makanya Siak, Rohil, Pelalawan, Rohul, Kuansing dan Dumai menjadi Kabupaten dan Kota di Riau yang menerima otonomi daerah.

Untuk itu menurut Azlaini Agus, masyarakat Riau tidak boleh melupakan perjuangan Almarhum. Jika ketika itu bukan Syarwan Hamid yang jadi Menteri Dalam Negeri, belum tentu Siak, Pelalawan, Rohil, Rohul, Dumai dan Kuansing dapat menjadi Kabupaten dan Kota seperti sekarang ini. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum, Riau
wwwwww