Cerita Sekdakab Bengkalis Pernah Diberi Tugas Memegang Handuk Ibu Tien Soeharto saat Jadi Anggota Pramuka

Cerita Sekdakab Bengkalis Pernah Diberi Tugas Memegang Handuk Ibu Tien Soeharto saat Jadi Anggota Pramuka
Minggu, 21 Maret 2021 19:26 WIB
Junaidi Usman

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Agar hubungan sesama pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Bengkalis masa bakti 2020-2025 terbina, terpupuk dan terpelihara sehingga menjadi satu kesatuan kekuatan dalam mencapai tujuan dari kegiatan Kepramukaan itu sendiri, maka hadirlah puluhan para andalan cabang, di aula wisma Kwarcab Bengkalis pada Kamis 18 Maret 2021 kemarin.

Silaturahmi di wisma yang terletak di Jalan Assalam, Kelapapati Darat tepatnya di Bumi Perkemahan (Buper) Pawang Perkasa ini pun baru dimulai lewat pukul sebelas siang.

Acara yang langsung dipandu Sekretaris Kwarcab, Kak H Riza Pahlevi yang pernah menjabat Wakil Bupati Bengkalis, Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis, penulis novel Batin Hitam ini mengakui sejak dilantik sebagai pengurus oleh Penjabat Bupati H Syahrial Abdi pada Senin (16/11/2020) akhir tahun kemarin, disebabkan sesuatu dan lain hal maka silaturahmi sesama pengurus baru bisa dilaksanakan pada pagi menjelang siang tersebut. diawali perkenalan dari masing-masing andalan.

Atas keterlambatan silaturahmi ini, Kakwarcab Bengkalis Kak H Bustami HY dalam memimpin acara tadi menyampaikan permohonan maaf. "Seyogyanya, pertemuan ini dilaksanakan awal tahun kemarin, namun demikian dapat kita laksanakan hari ini," kata Kak H Bustami HY yang saat ini Sekda Bengkalis.

Ketua Harian, Kak H Muhammad Fadli yang pernah menjadi Camat Bengkalis dan saat ini Kepala Bagian Prokopim di Setda Bengkalis dan Staf Ahli Bupati Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan berharap mudah-mudahan rapat silaturahmi dan perkenalan ini akan membuat pengurus Kwarcab Bengkalis lebih bersinergi untuk mensukseskan tugas-tugas dan menjalankan amanah di Kwarcab Gerakan Pramuka Bengkalis.

Sebelum acara berakhir, Kak H Bustami mendapatkan kesimpulan, "Dari perkenalan tadi, kita mendapatkan informasi betapa bervariasinya kepengurusan kita, betapa besarnya potensi kepengurusan kita, mudah-mudahan kegiatan Kepramukaan Kwarcab Bengkalis ini kedepannya berjalan dengan baik, kita bawa kepada perkembangan-perkembangan yang lebih baik," harap Kak H Bustami seraya menyebutkan selanjutnya akan membentuk Alat Kelengkapan di Kwarcab Bengkalis.

Diingatkan Kak H Bustami tentang agenda pergantian Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) yang sebelumnya dijabat oleh Penjabat Bupati H Syahrial Abdi dan berpindah kepada Bupati Bengkalis Terpilih, Kasmarni.

"Saya rasa, yang paling tepat nanti momentnya ketika kita melaksanakan Rapat Kerja Cabang (Rakercab). Hari itu sekaligus kita melakukan pelantikan Mabi (Kamabicab) sehingga Rakercab kita dihadiri oleh Kwarda (Kwartir Daerah Riau). Untuk membicarakan Rakercab ini, tentunya kita akan mengadakan pertemuan lagi, melakukan persiapan-persiapan supaya nanti Rapat Kerja kita tidak berlarut-larut. Oleh sebab itu, kepada para wakil ketua kami harap untuk menyusun apa yang menjadi program kita setahun kedepannya," harap Kakwarcab Kak H Bustami.

Dalam kesempatan itu, dalam sesi perkenalan dirinya, Kak H Bustami tulus mengaku dalam perjalanan hidupnya banyak mendapat kesenangan dari kegiatan di Kepramukaan. "Saya iri pulak tak dimintak memperkenalkan diri," canda Kak H Bustami yang disambut tawa kakak-kakak yang hadir.

"Saya kenal dengan Pramuka juga masih SD kelas 3 tahun 1975. Hal yang membanggakan, di kampung kami kalau ada pembesar datang, anak Pramuka itu dimajukan dulu, pegang bendera. Ketika itu, ada TMD (Tentara Masuk Desa) yang dihadiri oleh Pangdam I Bukit Barisan, saya ditunjuk untuk mengalungkan bunga. Yang kedua, pemegang handuk ketika Penghijauan Nasional di Bukit Candika, Bangkinang, waktu itu saya kelas 2 SMP, kalau (pemegang handuk) untuk Pak Presiden itu Pak Kamalis yang sekarang di Kepri (Provinsi Kepulauan Riau), saya memegang handuk Buk Tien dan satu ember kecil. Terakhir, setelah saya menjadi Andalan Cabang Gerakan Pramuka Bengkalis tahun 1990, tahun 1992 ikut Jambore Internasional di Thailand sebagai peninjau utusan Kwarnas. Yang tidak disangka-sangka, saya berbaju Pramuka bisa hadir di tempat-tempat itu. Jadi, itu kesenangan saya dengan Pramuka. Terus terang saja, sebelum kita Muscab kemarin, satu-satunya organisasi yang saya terima hanya Pramuka, yang lain saya fokuskan untuk tugas dan daerah karena banyak kesenangan yang saya rasakan dalam hidup saya melalui Pramuka ini," kenang Kak H Bustami HY.

"Salam Pramuka. Sesuai dengan hasil rapat kita hari ini, karena hari ini kita membagi tugas, tentunya kita akan melaksanakan sesuai dengan tupoksi (tugas pokok dan fungsi) yang telah ditentukan dalam rapat. Rapat ini merupakan rapat yang pertama sekali pasca kita dilantik oleh Kakwarda O4 Riau. Di samping kita menentukan tupoksi dari masing-masing bidang, juga kita akan membentuk alat kelengkapan. Terkait dengan pembentukan Saka (Satuan Karya Pramuka) di semua instansi yang mempunyai Saka," kata Kakwarcab Bengkalis, Kak H Bustami HY kepada potretnews.com, Kamis (18/3/2021) sesaat setelah sesi foto bersama.

Terkait dengan Bumi Perkemahan di Mandau yang mengalami beberapa permasalahan, Kwarcab Bengkalis terang Kak H Bustami akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait supaya Buper kita bisa kita manfaatkan semaksimal mungkin. ***

Kategori : Bengkalis, Umum
wwwwww