Home > Berita > Umum

Meski Harga per Kilonya Rp900 Juta, tapi Nelayan Ini Rela Bagi-bagikan Ikan Tangkapannya ke Warga

Meski Harga per Kilonya Rp900 Juta, tapi Nelayan Ini Rela Bagi-bagikan Ikan Tangkapannya ke Warga

Nelayan yang membagi-bagikan ikannya kepada warga lain.

Sabtu, 20 Maret 2021 18:50 WIB

POTRETNEWS.com — Saking senangnya mendapat tangkapan besar, seorang nelayan membagi-bagikan ikan tangkapannya ke sejumlah warga kampung. Ikan yang berhasil ia tangkap mencapai berat 900 kilogram. Ikan raksasa itu hasil tangkapannya di laut.

Melansir Eva.vn, Jumat (12/3/21) seorang pria asal Nigeria baru-baru ini menangkap seekor ikan dengan ukuran sangat jumbo. Menurut keterangan, pria ini tinggal di daerah Andoni, Negara Bagian Rivers, Nigeria. Seperti penduduk wilayah itu pada umumnya, karena tinggal di pesisir, dia juga bekerja sebagai seorang nelayan.

Suatu hari, dia menangkap ikan dengan ukuran sangat besar, karena ikan tangkapannya terlalu besar, jadi dia tidak bisa memakannya sendirian. Sehingga dia memutuskan untuk untuk membawa ikannya ke desa, lalu membagikan daginngnya kepada penduduk desa.

Namun, siapa sangka tindakannya ini justru membuatnya menyesal seumur hidup setelah mengetahui nilai aslinya. Menurut cerita semua bermula pada tanggal 8 Maret ketika sedang berlayar dia tak sengaja menangkap ikan. Ikan tersebut diketahui memiliki panjang hingga 3 meter, dan memiliki moncong di depannnya.

Ikan yang ditangkap itu, memiliki warna khas agak kebiruan. Dengan ukurannya yang besar, cukup sulit untuk membawanya ke tengah desa, dan juga tidak diketahui dengan jelas jenis ikan ini.bSelain itu sangat tidak mungkin bisa memakannya sendiri bersama dengan keluarganya, akhirnya dia menyembelihnya dan memasaknya. Kemudian membagikannya kepada penduduk desa untuk disantap bersama-sama.

Sebelum menyembelihnya dan memasaknya, dia juga tidak lupa untuk memotret dirinya saat sedang membawa ikan raksasa ini. Setelah itu dia membagikan foto-foto dirinya menangkap ikan itu ke media sosial twitter.

Hasilnya, foto tersebut viral dan mendapat banyak komentar di twitter, tapi ada sebuah komentar yang cukup menyesalkan. Ternyata ikan yang ditangkap ini memiliki jenis blue flag, yang memiliki harga sangat mahal. Ikan blue flag, termasuk ke dalam daftar hewan yang membutuhkan konservasi. Ikan ini juga memiliki nilai komersial yang sangat tinggi, karena daginya yang kaya akan lemak.

Namun, ikan ini seringkali tidak dijadikan makanan bagi manusia karena mengandung merkuri dalan jumlah besar dan polutan lainnya, yang tidak baik bagi kesehatan manusia. Tetapi ikan ini tetap menjadi hidangan lezat yang disukai oleh banyak orang, tertutama di Jepang diolah menjadi sashimi. Menurut CNBC Amerika, daging ikan blue flag biasanya berharga 62,650 dollar AS/kg atau setara dengan Rp900 juta.

Betina biasanya lebih besar dari jantan, dengan ukuran dan berat rata-rata mencapai 90-180kg dengan panjang 3,4 meter. Ukuran maksimal ikan ini adalah 900kg dengan panjang sekitar 4,3 meter. Sementara ikan blue flag yang ditangkap oleh pria Nigeria ini diperkirakan memiliki harga sekitar 2,6 juta atau lebih dari Rp37 miliar.

Belum termasuk bonus yang diterimanya, dari hasil memancingnya. Mengetahui fakta itu orang-orang yang menangkapnya kecewa dan menyesal telah menyembelihnya dan membagikannya ke penduduk desa.

Jika dia tahu harganya, mungkin dia lebih baik menjualnya kemudian dia bisa membeli rumah mewah, mobil dan lainnya. Bahkan, dia juga bisa membeli ikan dalam jumlah banyak untuk mentraktir tetangganya dan masih mendapatkan sisa uang.

"2,6 juta dollar AS, bisa untuk membeli banyak ikan untuk dimakan seluruh desa dalam beberapa tahun, tetapi tidak akan ada cukup waktu untuk mencari harga ikan secara online untuk nelayan desa, bagaimanapun orang itu sangat baik karena telah berbagi dengan orang-orang di desanya," tulis komunitas online, melansir Tribunnews.com.***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum
wwwwww