Home > Berita > Umum

Gedung Pencakar Langit Tertinggi di Indonesia Dibangun Putra BJ Habibie di Batam

Gedung Pencakar Langit Tertinggi di Indonesia Dibangun Putra BJ Habibie di Batam

Kolase Ilham Akbar Habibie dan maket gedung tertinggi di Indonesia.

Minggu, 14 Maret 2021 09:20 WIB

BATAM, POTRETNEWS.com — Siapa yang tak kenal dengan Ilham Akbar Habibie. Dia yang telah membangun gedung Pollux yang disebut menjadi gedung tertinggi di Indonesia. Dikutip TribunWow.com dari Wikipedia, Selasa (10/9/2019), Ilham Habibie berstatus menjadi komisioner proyek Pollux Habibie International.

Gedung Pollux yang terletak di Batam Centre, Batam, Kepulauan Riau, nantinya akan diisi bermacam-macam bisnis dan pelayanan. Di antaranya adalah pusat keuangan, hotel internasional, mal, rumah sakit, universitas, hingga galeri. Dikutip TribunWow.com dari Kompas.com, Selasa (10/9/2019), gedung pencakar langit itu memiliki tinggi 350 meter. Gedung yang memiliki 100 lantai itu disebut BJ Habibie sebagai satu di antara realisasi dari pencapaian Batam menjadi yang terdepan.

“Batam tempat yang menawan bagi saya. Melalui pembangunan Meisterstadt, kita bangun kota Batam agar menjadi kota yang maju dan sempurna dari segala sisi."

"Meistestadt adalah wujud nyata berbagai proses perkembangan kota Batam," ungkap BJ Habibie, melansir Tribunnews.com.

DikutipTribunWow.com dari autobiografi.id, Ilham Habibie memang berprofesi sebagai seorang pengusaha dan insinyur. Ilham Habibie lahir di Kota Aachen, Jerman, 16 Mei 1963. Ilham Habibie menikah dengan Insana Ilham Habibie dan kini sudah dikaruniai tiga orang anak.

Sejak SD, Ilham Habibie bersekolah di Jerman, tepatnya di Elementary School Windmuehlenweg, Hamburg, Jerman (1969-1973). Kemudian dilanjutkan High School Hochrad, Hamburg, Jerman (1973-1981). Di perguruan tinggi, Ilham Habibie memilih Fakultas Teknik Mesin di Technical University of Munich, Jerman (1981-1986). Ilham Habibie melanjutkan pendidikan S2 di tempat yang sama hingga memperoleh predikat cum laude dan lulus pada tahun 1987. Untuk gelar doktor, Ilham Habibie masih menuntut ilmu di kampus yang sama dengan hasil summa cum laude pada 1994. Meski sudah meraih gelar doktor di bidang teknik, Ilham Habibie masih melanjutkan untuk menuntut ilmu bisnis.

Ilham Habibie mendapat gelar master of business administration (MBA) di Universitas Chicago pada 2003. Ilham Habibie mengawali kariernya sebagai Presiden PT Dirgantara Indonesia (2002) dan juga menjadi Komisioner PT Asuransi Wuwungan (2002). Kemudian Ilham Habibie menjadi Presiden Direktur PT Global Group Asia (2003-2006). Di tahun 2004, Ilham Habibie menjadi Komisioner PT Citra Tubindo, Tbk dan Pimpinan Mitra Energia Ltd.

Di tahun 2005, ia melanjutkan kariernya menjadi Presiden Direktur PT Industri Mineral Indonesia, Presiden Direktur PT Ilthabi Bara Utama, dan PT Ilthabi Sentra Herbal. Pada 2006, Ilham Habibie menjabat sebagai Komisioner PT Sarana Pembangunan Jawa Tengah, Komisioner PT Global Group Asia, dan Komisioner Sound Oil plc. Kini Ilham Habibie menjabat sebagai Komisaris PT Pollux Barelang Mega Superblok Meisterstadt Batam.

Dalam Konferensi Pers 'Meisterstadt Batam - Pollux Habibie International' yang dilaksanakan pada 5 Maret 2019 lalu, Ilham Habibie menjelaskan soal proyek gedung tertinggi di Indonesia itu. Melalui unggahan kanal YouTube Pollux Indonesia, 21 Maret 2019, Ilham Habibie menjelaskan bahwa pembangunan gedung itu adalah wasiat dari mendiang sang ibunda. Sebelum meninggal dunia, Ainun Habibie membeli tanah di Batam dan bermimpi ingin mendirikan rumah sakit berkualitas bagus di sana.

"Kalau kita lihat sejarah dari tanah ini memang dulu berapa puluh tahun yang lalu ibu saya, almarhumah ibu dokter Hasri Ainun Habibie membeli tanah ini."

"Dengan maksud dan tujuan mengembangkan satu rumah sakit berkualitas untuk masyarakat Batam," terang Ilham Habibie.

"Jadi tentu karena ini merupakan wasiat dari ibu, tidak boleh kita lupakan itu, memang akan ada satu rumah sakit berkualitas tinggi," imbuhnya.

Ilham Habibie juga menjelaskan nantinya di gedung itu akan ada rumah sakit berkualitas internasional yang berkiblat pada negara Jerman. Dikabarkan dengan Yulisa Baramuli, Sebuah kabar muncul tentang kedekatan Ilham Habibie dan Mantan Wakil Bupati Minahasa Utara ( Wabup Minut) Yulisa Baramuli, muncul saat ini. Yulisa Baramuli kini fokus mengurus berbagai kerjasama bisinisnya. Salah satu kerjasama bisnisnya adalah dengan Ilham Habibie, Ketua Presidium ICMI (2010-2015). Namun, rumor beredar hubungan Yulisa Baramuli dan Ilham Habibie, bukan sebatas partner bisnis. Tapi lebih dari itu memiliki hubungan khusus. Bahkan Beredar kabar keduanya telah menikah. Kabar ini dibenarkan Robert Nitiyudo.

Robert adalah orang kepercayaan sekaligus kolega bisnis Ilham Habibie. Ia merupakan petinggi di perusahaan tambang besar di Halmahera. Namun, baik Yulisa yang akrab disapa Lisa maupun Ilham Habibie belum memberi konfirmasi. Tribun Manado telah mencoba mengonfirmasi kabar itu via nomor kontaknya. Namun, belum direspon. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum
wwwwww