Bupati Bengkalis: Peningkatan Kualitas Pendidikan Sejalan dengan Visi Daerah

Bupati Bengkalis: Peningkatan Kualitas Pendidikan Sejalan dengan Visi Daerah
Selasa, 09 Maret 2021 20:45 WIB
Junaidi Usman

BANTAN, POTRETNEWS.com — Sebagai bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis untuk meningkatan kualitas pendidikan, pengelolaan dan pengembangan potensi sumber daya manusia (SDM) masyarakat mulai digencarkan.

Ini selaras dengan misi Bupati Bengkalis, satu diantara tiga misi yang disampaikan masa kampanye kemarin.

Hal ini sebagaimana disampaikan Bupati Kasmarni saat meresmikan penegerian TK Bina Minda Kecamatan Bantan menjadi TK Negeri Pembina 03 Kecamatan Bantan Senin, (9/3/2021).

TK yang berdiri selama lebih kurang 12 tahun setengah tersebut terletak di Dusun Rukun Desa Bantan Tengah Kecamatan Bantan.

"Kami yakin, dengan adanya lembaga pendidikan ini akan mampu melahirkan generasi yang lebih maju dan sejahtera bagi masyarakat Kabupaten Bengkalis. Oleh karenanya, Kepada seluruh pendidik kami berharap untuk benar-benar menempa anak-anak kita di TK ini menjadi putra-putri yang produktif, menjadi kebanggaan bangsa, bukan hanya diisi pikirannya saja melainkan juga diisi dengan kesucian jiwa dan kegigihan semangatnya," tuturnya.

Masih kata Bupati Kasmarni, pendidikan kepada anak bukan hanya menjadi tanggungjawab tenaga pendidik, sebagai orang tua juga memiliki peran penting dalam meningkatkan SDM anak.

"Jadi kedua belah pihak harus bekerjasama dan menjalin komunikasi yang baik dalam proses pendidikan anak. Orang tua dan pendidik menjadi agen pembelajaran dalam kehidupan anak ketika anak didik berada di lingkungan sekolah maupun di lingkungan keluarga," ujar Kasmarni.

Penegerian TK ini, merupakan salah satu bentuk kehadiran pemerintah daerah di tengah-tengah masyarakat, khususnya dalam bidang pendidikan anak usia dini, dengan harapan, TK Negeri Pembina menjadi model pendidikan anak usia dini yang terbaik.

Setelah meresmikan penegerian TK tadi, Bupati Bengkalis Kasmarni, juga meresmikan penegerian SD 6 kelas jauh yang terletak di Desa Ulu Pulau, menjadi SD Negeri 33 Bantan.

Sama seperti penegerian TK, Peresmian SD Negeri ini juga ditandai dengan pembukaan tirai nama SD, penandatanganan prasasti dan pemotongan tumpeng.

"Untuk itu diharapkan kepada seluruh tenaga pendidik di SD Negeri 33 Bantan untuk bisa bekerja sesuai dengan yang telah diamanatkan Allah yaitu anak titipan Allah. Ajarkan anak kita dengan kesabaran dan penuh kasih sayang agar mempermudah mereka mencerna apa yang disampaikan," pesan Bupati.

Lebih lanjut, Kasmarni juga berharap kepada guru untuk tidak hanya mengajarkan teori pembelajaran saja, akan tetapi juga mengajarkan Budi pekerti serta tata krama.

"Saat ini, karakter para anak-anak, saya lihat sudah agak berkurang, saya berharap kepada para tenaga pendidik untuk mengajarkan tata krama, sopan santun serta etika dan moral pada anak. Sebab sekarang ini banyak sekali kasus-kasus yang dilakukan oleh anak-anak kepada orang tua, ini harus kita perbaiki," harapnya.

Ikut mendampingi Bupati Bengkalis, Wakil Ketua DPRD Bengkalis Sofyan, Anggota DPRD Bengkalis Askori dan Rosmawati Sinambela, Ketua TP-PKK Bengkalis Hj Siti Aisyah, Kepala Dinas Pendidikan Edi Sakura, Camat Bantan Supandi serta sejumlah pejabat di lingkup Pemerintah Kabupaten Bengkalis. ***

Editor:
Akham Sophian

wwwwww