Rekor, Pemda Sudah Ajukan Lebih dari Setengah Juta Formasi Guru PPPK

Rekor, Pemda Sudah Ajukan Lebih dari Setengah Juta Formasi Guru PPPK
Minggu, 07 Maret 2021 14:22 WIB

JAKARTA, POTRETNEWS.com — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyebut pemerintah daerah (Pemda) telah mengajukan usulan sebanyak 568.238 formasi guru melalui skema Aparatur Sipil Negara (ASN) Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dari pembukaan formasi satu juta guru. Jumlah ini disebut rekor penerimaan formasi guru untuk mengikuti seleksi ASN PPPK terbesar sepanjang sejarah Indonesia.

Menurut Direktur Jenderal (Ditjen) Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud Iwan Syahril, Pemerintah membuka seleksi guru ASN PPPK bagi honorer kategori 2 (K2), honorer non-K2, dan lulusan program pendidikan profesi guru (PPG).

"Nantinya pemenuhan formasi sampai satu juta guru ASN PPPK akan dilanjutkan sampai seluruh kuota terpenuhi," ujar Iwan dalam keterangan tulis, Minggu (7/3/2021), melansir liputan6.com.

Iwan menjelaskan, pencapaian tersebut diperoleh setelah Kemenpan RB, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kementerian Keuangan (Kemenkeu), dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) melakukan sosialisasi yang ke berbagai daerah di seluruh Indonesia.

Selain itu, kata Iwan, Kemendikbud juga terus melakukan pendampingan kepada Pemda, baik dalam bentuk tatap muka maupun daring selama Januari 2021 hingga Maret 2021.

Sosialisasi juga dilakukan melalui grup percakapan WhatsApp dengan kepala dinas seluruh Indonesia, komunitas guru, berbagai pemberitaan di media massa baik nasional maupun regional.

"Pemerintah juga menyiapkan kanal informasi berupa laman yang dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat," ungkap Iwan. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Pemerintahan
wwwwww