Home > Berita > Siak

Petugas Damkar Siak Kewalahan Padamkan Kebakaran Lahan Gambut di Kampung Bunsur Sungaiapit

Petugas Damkar Siak Kewalahan Padamkan Kebakaran Lahan Gambut di Kampung Bunsur Sungaiapit

Petugas Damkar Siak berupaya keras memadamkan lahan yang terbakar di Kampung Bunsur.

Sabtu, 27 Februari 2021 10:12 WIB

SIAK, POTRETNEWS.com — Lahan gambut milik warga di Desa Bunsur, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, Riau, kembali terbakar dan petugas gabungan terus melakukan penyiraman di lahan gambut yang masih mengeluarkan asap tebal .

Sedikitnya 6 hektar lahan yang masih kosong belum ditanami tanaman perkebunan ini ludes terbakar. Asap tebal yang keluar dari kebakaran lahan masih terlihat membumbung tinggi keluar dari lahan gambut yang terbakar. Api juga terlihat membakar semak belukar di atas lahan gambut tersebut.

Kebakaran ini sudah terjadi selama tiga hari. Akses ke lokasi yang tidak bisa ditempuh dengan kendaraan roda empat, sehingga Tim Satgas Karlahut yang terdiri dari TNI, Polri, Manggala Agni dan masyarakat peduli api, hanya memakai peralatan seadanya.

“Kita telah berupaya memadamkan api di lahan gambut ini. Luas lahan yang terbakar ini sudah mencapai sekitar 6 hektar,’ ujar Petugas Manggala Agni, Ihsan Abdilah, melansir antvklik.com.

Meski dibantu dengan dua unit mobil pemadam kebakaran Kabupaten Siak , namun tak juga bisa memadamkan besarnya kobaran api. Angin kencang ditambah musim kemarau, membuat api dengan cepat merambat dan menyebar luas. Kini petugas terus melakukan pemadaman dan pendinginan di lokasi kebakaran lahan .

Untuk saat ini, polisi belum bisa memastikan apa penyebab kebakaran ini. Polisi masih mencari pemilik lahan dan apa penyebab dari kebakaran lahan tersebut dan terus melakukan upaya pemadaman agar api tidak meluas . ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Siak, Peristiwa
wwwwww