Dulu Sering Demo di Kantor Gubernur Riau Mendesak Pemekaran Kepri, Ini Profil Apri Sujadi si Bupati Bintan yang Baru Dilantik di Periode Kedua

Dulu Sering Demo di Kantor Gubernur Riau Mendesak Pemekaran Kepri, Ini Profil Apri Sujadi si Bupati Bintan yang Baru Dilantik di Periode Kedua

Apri Sujadi

Jum'at, 26 Februari 2021 13:30 WIB

BINTAN, POTRETNEWS.com — Bupati Bintan terpilih, Apri Sujadi hari ini bakal dilantik bersama Wakil Bupati Bintan Robby Kurniawan. Pelantikan ini akan dilakukan oleh Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad, Jumat (26/2/2021), melansir Tribunnews.com.

Menjadi orang nomor satu di Bintan bukan kali pertama bagi Apri Sujadi. Sebelumnya, dia juga menjabat sebagai Bupati Bintan periode 2016-2021 bersama Dalmasri Syam. Rupanya, masyarakat Bintan masih mempercayai sosok Apri untuk memimpin Bintan.

Lantas, siapa sebenarnya sosok Apri Sujadi?

H. Apri Sujadi, S.Sos. lahir di Kijang Kota, Bintan Timur, Bintan, Kepulauan Riau, 12 April 1977. Dia adalah Bupati Bintan periode 2016-2021. Sebelum menjabat sebagai Bupati Bintan, dirinya pernah menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Kepulauan Riau periode 2014–2015.

Apri menghabiskan masa kecilnya di Kampung Kelahirannya, Kijang, Bintan Timur, Bintan. Dia menempuh pendidikan dasarnya di SDN 018 Kijang. Selepas tamat SD, dia melanjutkan sekolah di SMPN 1 Kijang.

Masih di Kota yang sama, dia kembali melanjutkan pendidikan menengah atasnya di SMA Antam Kijang.Setamat SMA, Apri memempuh pendidikan tinggi strata satu di Universitas Riau. Karier pekerjaannya dimulai dari menjadi Anggota KPUD Kabupaten Bintan. Pekerjaan ini cukup lama digelutinya, yakni selama 5 tahun, sejak 2003 hingga 2005. Catatan kariernya di dunia politik terbilang gemilang.

Apri Sujadi ternyata merupakan salah satu tokoh yang turut memperjuangkan pembentukan Provinsi Kepulauan Riau. Kala itu, anak-anak muda Tanjungpinang, Bintan, Karimun, Natuna, Lingga, dan Anambas lah yang berjuang mati-matian untuk membentuk Kepulauan Riau menjadi provinsi yang mandiri.

Apri termasuk salah satu pemuda yang giat melakukan demonstrasi di DPRD dan Kantor Gubernur Riau. Tak hanya itu, dia bersama tokoh pemuda lain juga bertandang ke Jakarta untuk mendatangi Kantor Mendagri, DPR RI, hingga Istana Negara demi mengesahkan pembentukan Provinsi Kepulauan Riau. Selepas itu, dia semakin menekuni dunia politik.

Pada Pemilu 2009, Apri melalui Partai Demokrat terpilih sebagai anggota DPRD Kabupaten Bintan. Berkat kemampuan dan jiwa pemimpinnya yang bagus, jabatannya semakin naik hingga dipercaya sebagai Wakil Ketua DPRD Bintan. Pada Pemilu 2014, Apri maju dan tepilih sebagai Wakil Ketua DPRD Kepulauan Riau. Dirinya juga dipercaya menjadi Ketua Partai Demokrat Provinsi Kepulauan Riau.

Pada 2015, Apri memilih mundur dari jabatan Wakil Ketua DPRD Kepri dan memutuskan bertarung di Pilkada Bintan. Kala itu, dengan slogan Bintan Gemilang, Apri berhasil menduduki kursi nomor satu di Kabupaten Bintan dengan raihan suara yang cukup besar.

Karier sebagai Bupati

Kabupaten Bintan yang sebelumya sudah cukup maju di tangan Ansar Ahmad kini kian ciamik dipoles Apri. Sederet prestasi dalam bidang pembangunan pun ditorehnya. Jalan lintas timur, Bundaran KM 16, Jembatan Penghujan, hingga Stadion Busung merupakan beberapa infrastruktur yang berhasil dibangunnya.

Agustus 2020, Apri berhasil merampungkan pembangunan Bandara Tambelan yang diresmikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Apri juga mempercantik Kota Kijang dengan membangun Air Mancur Warna-warni di Taman Kota Kijang.

Demi menunjang berbagai aktivitaspemerintahan dan masyarakat, dia juga membangun Gedung Bintan Comunity Center (BCC) di kota yang sama. Di bidang pendidikan, Apri Sujadi menjadi orang pertama yang menggagas program seragam sekolah gratis untuk SD dan SMP di wilayah Provinsi Kepri.

Untuk bidang kesehatan, Apri memberikan program gratis berobat di Puskesmas dan rumah sakit bagi masyarakat kurang mampu. Tak sampai di situ, di bidang keagamaan, Apri membangun rumah tahfidz di tiap kecamatan. Rumah tahfidz tersebut dikelola oleh SDM ustadz pengajar yang sudah hafidz Al Qur'an. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Pemerintahan, Politik
wwwwww