Perdana, Kajian Kitab Kuning Digelar 18 Februari di Masjid Polres Bengkalis

Perdana, Kajian Kitab Kuning Digelar 18 Februari di Masjid Polres Bengkalis

Katib Dewan Suriyah, HM Sidik bersama Kanit Reserse Polsek Bengkalis, Trimardoni, Selasa (16/02/2021).

Selasa, 16 Februari 2021 22:18 WIB
Junaidi Usman

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Kajian Kitab Kuning diharapkan dalam waktu dekat dapat dilaksanakan di Kepolisian Sektor (Polsek) Bengkalis.

Harapan ini sebagi tindak lanjut kerjasama antara Kepolisian Resort (Polres) Bengkalis dengan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Bengkalis yang telah dilakukan beberapa pekan yang lalu.

Untuk merealisasikan kerjasama ini lah, Kapolsek Bengkalis memerintahkan Kepala Unit (Kanit) Reserse Polsek Bengkalis, Trimardoni untuk bersilaturahmi ke kantor PCNU yang beralamat di Jalan Bantan, Desa Senggoro. Pertemuan pada Selasa, (16/2/2021) langsung diterima Katib Suryah Drs Kyai H Muhammad Sidik,MSi.

Dalam pertemuan ini, Kanit Trimardoni yang masih belum tau makna ngaji Kitab Kuning ini berharap agar kajian yang sedang viral dibicarakan di berbagai media secepatnya untuk dilaksanakan di Polsek Bengkalis yang terletak di Desa Sungai Alam.

"Karena selama ini kami baru sebatas mendengar belum pernah mengikuti secara langsung tentang mengaji yang menjadi perbincangan di medsos tersebut," kata Kanit Trimardoni ke hadapan H Muhammad Sidik, Selasa (16/2/2021).

Sidik sapaan akrab salah satu Kyai NU itu menerima baik keinginan Trimardoni. Beliau juga mengatakan, bahwa beberapa hari yang lalu beliau bersama teman-teman pengurus NU juga sudah bertemu Kapolres, AKBP Hendra Gunawan,SIK,MT membincangkan hal di atas.

"Insya Allah, Kamis, 18 Februari 2021 pagi mendatang, kajian dimaksud akan dimulai perdana yang materinya disampaikan Ketua Tanfiziyah Kyai Masdarudin,MAg yang bertempat di Masjid Polres Bengkalis, Jalan Pertanian.

Untuk pelaksanaan ini, PCNU sudah menyiapkan Kitab Kuning sebagaii rujukannya diantaranya Kitab Tafsir Munir, Kitab Tausyeh, Nurul Zulam dan Nashoikhul 'Ibad yang semua kitab rujukan tersebut dikarang oleh Syekh Nawawi Al Bantani, Ulama Indonesiap yang pernah menjadi Imam Besar Masjidil Haram akhir abad 19 Masehi.

Menurut H Muhammad Sidik, hal tersebut dilakukan sebagai bentuk keseriusan PCNU Kabupaten Bengkalis menindaklanjuti kerjasama yang telah dicanangkan oleh Kapolri pasca pelantikannya beberapa minggu yang lalu. ***

Kategori : Bengkalis, Umum
wwwwww