Rektor Unilak Minta Kader Himapeka Waradipa Bangun Jaringan di Luar Kampus

Rektor Unilak Minta Kader Himapeka Waradipa Bangun Jaringan di Luar Kampus

Suasana pelantikan pengurua baru Himapeka Waradipa oleh Rektor Unilak Dr Junaidi.

Senin, 15 Februari 2021 21:35 WIB
Widya Paramitha

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Rektor Universitas Lancang Kuning (Unilak), Pekanbaru DrJunaidi SS MHum melantik pengurus Himpunan Mahasiswa Pecinta Alam dan Konservasi (Himapeka) Waradipa Unilak masa bakti 2021—2022. Pelantikan berlangsung di lantai 3 gedung rektorat, yang turut dihadiri Wakil Rektor III Dr Bagio Kadaryanto SH MH, Pembina Waradipa Alkhudri Sembiring MPd, Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unilak Jimmy Saputra, Ketua Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Aris Masduki, serta pimpinan organisasi mahasiswa (ormawa) di lingkungan Unilak.

Pelantikan berlangsung dengan mengikuti protokol kesehatan, seluruh peserta duduk berjarak dan menggunakan masker. Rektor Unilak langsung melantik yang diawalli dengan memandu pembacaan sumpah dan janji, kemudian diikuti calon pengurus. 

Dalam sambutannya beberapa saat setelah dilantik, Ketua Himapeka Waradipa  Aldi Rionaldi, menyampaikan ucapan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah bersinergi dengan salah satu unit kegiatan mahasiswa (UKM) tertua di di Unilak tersebut.  

”Untuk mempertahankan eksistensi organisas, tentu kami sangat membutuhkan arahan dari Pak Rektor, abang-abang dan kakak-kakak perintis, dewan pembina, serta dukungan ormawa di Unilak agar kami bisa sukses dan amanah dalam menjalankan roda organisasi,” ujar mahasiswa Prodi Arsitektur Fakultas Teknik itu.

Sementara itu, Dewan Pembina Himapeka Waradipa Unilak  Alkhudri menyebutkan, Waradipa yang  artinya pelita, selama 23 tahun terbukti mampu menempatkan posisi di lingkungan kampus dan memberikan kontribusi penuh.

”Ke depan yang dibutuhkan itu adalah kreativitas dan inovasi. Kampus-kampus besar itu penuh dengan prestasi. Maka dari itu, saya berharap besar Waradipa untuk mengejar prestasi dan memberikan kontibusi untuk Unilak Unggul," ujar Alkudri yang juga Dosen FKIP Unilak.

Pada bagian lain Alkhudri mengingatkan, Waradipa Unilak harus terus berkontribusi dalam bidang lingkungan dengan program program positif. Waradipa harus bersinergi dengan ormawa ormawa lainnya dan harus mampu membendung berita berita hoaks dan negatif. 

Di tempat yang sama Wakil Rektor III Unilak Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama Dr Bagio mengucapkan selamat untuk pengurus. ”Besar harapan saya bisa berprestasi dan bersinergi ke depannya dan selalu koordinasi dengan kampus dalam menggelar kegiatan. Prestasi itu menunjukkan kualitas mahasiswa, maka prestasi harus dikedepankan,” ucap Bagio.

Dalam sambutannya setelah melantik, Rektor Unilak Dr Junaidi turut mengucapkan selamat kepada pengurus baru Himapeka Waradipa. Dia ikut berharap kader-kader yang dipercaya sebagai fungsionaris bisa amanah menjalankan organisasi, mampu bersinergi dengan ormawa, dan mulai membangun jaringan di luar kampus. 

”Kampus ini milik kalian semua, bersama-sama mari kita besarkan dan buat kegiatan-kegiatan yang positif, penuh prestasi, dan kreatif.  Saya berpesan untuk mahasiswa dan Waradipa untuk membangun network/ jaringan. Network penting di saat ini. Karena dengan nertwork bisa terjalin kerja sama agar organisasi bisa jalan, berkembang, dan maju,” pungkas Junaidi.

Sekilas Himapeka Waradipa dan 14 Perintisnya
Himapeka Waradipa pada 23 Desember 2020 genap berusia 20 tahun (didirikan 23 Desember 1997). Organisasi yang dirintis/didirikan oleh 14 mahasiswa Unilak di masanya, telah banyak melahirkan kader-kader dan generasi peduli terhadap lingkungan dan konservasi.

Ke-14 para Perintis Himapeka Waradipa yakni; Andreas Ecosa (Fakultas Teknik), Mario Abdillah Khair (Fakultas Hukum), Marulli Parade Panggabean (Fakultas Kehutanan), Hardeni Isra (Fakultas Ekonomi), Wiki Anggara (Fakultas Teknik), dan Iwan Krisnawan (Fakultas Teknik).

Kemudian, R Ade Chandra (Fakultas Hukum), Chandra Rinaldi (Fakultas Teknik), T Sulaiman (Fakultas Teknik), Wellis Yuhasdedi (Fakultas Teknik), Hendri Masyudi (Fakultas Teknik), Bambang Yulianto (Fakultas Hukum), Abdi Satria (Fakultas Ekonomi), dan Elmi (Fakultas Ekonomi).

Sejak periode pertama hingga keempat, kepengurusan Himapeka Waradipa diketuai kader dari angkatan perintis. Mereka yakni; Mario Abdillah Khair (ketua umum periode pertama), Wiki Anggara (ketua umum periode kedua), Chandra Rinaldi (ketua umum periode ketiga), dan Wellis Yuhasdedi (ketua umum periode keempat). ***

Kategori : Kampar, Umum
wwwwww